AIDA FARICHATUL LAILA, 1315100000005 (2017) STRATEGI DAKWAH NAHDLATUL ULAMA DAN MUHAMMADIYAH DI KABUPATEN JEPARA DALAM PERSPEKTIF PEMANFAATAN MEDIA MASSA (Studi Komparatif). Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
131510000003_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
131510000003_BAB I.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
131510000003_BAB II.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
131510000003_BAB III.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
131510000003_BAB IV.pdf - Published Version
Download (450kB) | Preview
131510000003_BAB V.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
131510000003_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
Abstract
Organisasi Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah merupakan dua organisasi besar yang ada di Jepara. Keberhasilan organisasi Islam ini dalam berdakwah tidak lepas dari pemanfaatan strategi dakwah yang baik. Strategi yang baik didukung oleh sarana/media yang baik. Dari banyaknya media dakwah yang bisa digunakan sebagai syiar Islam, media massa dinilai paling efektif dan efisien di era teknologi saat ini.
Penelitian ini menganalisis tentang strategi pemanfaatan media massa dalam dakwah Islam oleh dua organisasi ; Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah di Kabupaten Jepara. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan hingga analisis data yang merujuk pada metodologi penelitian kualitatif, untuk menemukan data-data yang menjawab rumusan masalah yang telah diputuskan, tentang perbandingan strategi pemanfaatan media massa dalam dakwah antardua objek penelitian. Sehingga hasil dari penelitian ini akan berujung pada penggunaan sejumlah instrumen pembanding untuk mengetahui persamaan dan perbedaan, serta kekurangan dan kelebihan dari dua objek penelitian yang diperbandingkan tadi.
Setelah melakukan penelitian dengan data yang diperoleh dapat ditarik kesimpulan bahwa pemanfaatan media massa yang digunakan organisasi Islam Nahdlatul Ulama dalam dakwah paling efektif adalah melalui media online, sedangkan pada organisasi Muhammadiyah penggunaan media massa paling efektif lewat media cetak berupa majalah/bulletin. Sedangkan Persamaan dan perbedaan. Persamaan kedua organisasi ini dalam memanfaatkan media massa terletak pada sistem pemanfaatan ; sistem pengelolaan media massa sendiri dan sistem kerja sama dengan media massa lain. Sedangkan perbedaannya terletak pada produk media massa yang dihasilkan dua organisasi Islam tersebut.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Drs. Achmad Slamet, M.S.I. Pembimbing II : Khoirul Muslimin,S.Sos.I.M.I.Kom |
Uncontrolled Keywords: | Media Massa, Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.6 Organisasi Islam > 2X6.611 Muhammadiyah 200 Agama > ISLAM > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.6 Organisasi Islam > 2X6.612 Nahdlatul Ulama 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.2 Dakwah 300 Ilmu Sosial > 300 Sosiologi dan Antropologi > 302 Interaksi Sosial > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media Komunikasi, Media Massa |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 16 Feb 2022 03:44 |
Last Modified: | 16 Feb 2022 03:44 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2323 |