EKA SAFITRI, 15131003421 (2019) PENDIDIKAN SPIRITUAL DALAM TRADISI MUJAHADAH SANTRI PUTRI PONDOK PESANTREN AL-QONITAT MIFTAHUNNAJAH TAHUNAN JEPARA 2018. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
151310003421_COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
151310003421_BAB I.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
151310003421_BAB II.pdf - Published Version
Download (18MB) | Preview
151310003421_BAB III.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
151310003421_BAB IV.pdf - Published Version
Download (11MB) | Preview
151310003421_BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
151310003421_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan mujahadah di Pondok Pesantren Al-Qonitat Miftahunnajah. (2) Untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan spiritual yang terkandung dalam tradisi mujahadah di Pondok Pesantren Al-Qonitat Miftahunnajah. (3) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan mujahadah santri putri di Pondok Pesantren Al-Qonitat Miftahunnajah.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk mengetahui pelaksanaan tradisi mujahadah santri putri Pondok Pesantren Al-Qonitat Miftahunnajah dengan menggunakan teknik observasi. Untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan spiritual yang terkandung dengan menggunakan teknik dokumentasi, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaannya dengan menggunakan teknik wawancara.
Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi dan menarik kesimpulan. Berdasarkan dari hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan mujahadah santri putri Pondok Pesantren Al-Qonitat Miftahunnajah merupakan kegiatan wajib bagi seluruh santri dengan tujuan sebagai riyadhotun nafs (melatih jiwa) dan wasilah (perantara) para santri. Manfaat yang diperoleh adalah melatih diri untuk memerangi hawa nafsu, menumbuhkan rasa tawakal kepada Allah swt, melatih kedisiplinan dan kemandirian santri, meningkatkan kesadaran santri, sebagai pencerahan hati, melatih istiqamah santri. 2) Nilai-nilai pendidikan spiritual yang terkandung adalah: nilai iman yang meliputi: nilai akidah dan nilai wasilah, nilai Islam yang meliputi nilai syari’ah, dan nilai ihsan yang meliputi nilai akhlak. 3) Faktor pendukung dan penghambatnya ada dua faktor yaitu: faktor pendukung dari kesadaran diri sendiri dan dorongan dari lingkungan sekitar (teman santri, pengurus, dan peraturan pondok). Sedangkan faktor penghambatnya sebab kurangnya kesadaran para santri, belum bisa mengatur waktu aktivitas kesehariannya, dan malas dan dari faktor penghambat tersebut solusinya pengurus yaitu dengan memberikan motivasi dan pembinaan melalui pembiasaan dan keteladanan para pengurus.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Muhammad Nasir,M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Spiritual, Tradisi, Mujahadah, Santri, Pondok Pesantren |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam > 2X7.341 Pondok Pesantren |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 14 Feb 2022 03:41 |
Last Modified: | 14 Feb 2022 03:41 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2271 |