Search for collections on Publications

NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM YANG TERKANDUNG DALAM FILM KARTUN UPIN & IPIN EPISODE RAMADHAN

USWATUN KHASANAH, 141310003121 (2018) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM YANG TERKANDUNG DALAM FILM KARTUN UPIN & IPIN EPISODE RAMADHAN. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 141310003121_COVER.pdf]
Preview
Text
141310003121_COVER.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 141310003121_BAB I.pdf]
Preview
Text
141310003121_BAB I.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 141310003121_BAB II.pdf]
Preview
Text
141310003121_BAB II.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 141310003121_BAB III.pdf]
Preview
Text
141310003121_BAB III.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 141310003121_BAB IV.pdf]
Preview
Text
141310003121_BAB IV.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 141310003121_BAB V.pdf]
Preview
Text
141310003121_BAB V.pdf

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 141310003121_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
141310003121_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam film kartun Upin & Ipin pada episode ramadhan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research), yaitu memanfaatkan sumber kepustakaan untuk memperoleh data penelitian, tugas riset pustaka membatasi kegiatannya hanya pada koleksi perpustakaan saja tanpa memerlukan riset lapangan.
Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif yaitu pendekatan yang dipandang sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Untuk sumber data penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Adapun metode analisis yang peneliti gunakan 3 metode yaitu data reduction, data display dan conclusion drawing/ verification.
Hasil dari penelitian ini peneliti menemukan bahwa film kartun atau animasi merupakan tayangan yang aman dan memang dikategorikan untuk anak-anak, selain unik beberapa film kartun juga menguat konten pendidikan salah satunya adalah film kartun “Upin & Ipin” yang didalamnya mengajarkan nilai-nilai pendidikan Islam.
Dari hasil analisis penulis, terdapat nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam film kartun “Upin & Ipin” episode ramadhan, yaitu 1) Nilai I’tiqadiyah 2) Khuluqiyyah 3) Amaliyyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs.Maswan, M.M.
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai, Pendidikan Islam, Film kartun “Upin & Ipin”
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 14 Feb 2022 03:36
Last Modified: 14 Feb 2022 03:36
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2267

Actions (login required)

View Item
View Item