SITI NOOR AISAH, 141310003274 (2018) IMPLEMENTASI PROGRAM 5S (SENYUM, SALAM, SAPA, SOPAN, SANTUN) TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA KELAS VIII E DI MTS. ISMAILIYYAH NALUMSARI JEPARA TAHUN 2018/2019. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
141310003274_COVER.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
141310003274_BAB I.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
141310003274_BAB II.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
141310003274_BAB III.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
141310003274_BAB IV.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
141310003274_BAB V.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
141310003274_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Program 5S (senyum, salam, sapa, sopan, santun) di MTs. Ismailiyyah Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2018/ 2019, (2) Pelaksanaan Program 5S (senyum, salam, sapa, sopan, santun) terhadap pembentukan akhlak siswa kelas VIII E di MTs. Ismailiyyah Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019, (3) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program 5S (senyum, salam, sapa, sopan, santun) terhadap pembentukan akhlak siswa kelas VIII E di MTs. Ismailiyyah Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di MTs. Ismailiyyah Nalumsari Jepara. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Peneliti mengumpulkan data sambil melakukan kegiatan analisis sampai penarikan simpulan. Untuk menjamin keabsahan data, peneliti melakukan validitas triangulasi yaitu teknik pengumpulan data yang bersifat menggabungkan data ddari berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) Program 5S (senyum, salam, sapa, sopan, santun) terdiri dari kegiatan inti, kegiatan spontan dan kegiatan dalam pembelajaran yaitu pendidik akan memasukkan program 5S (senyum, salam, sapa, sopan, santun) dalam RPP. (2) Pelaksanaan program 5S (senyum, salam, sapa, sopan, santun) dilakukan dengan tiga cara yaitu persiapan program, pelaksanaan, dan evaluasi program yang dilakukan demi terlaksananya program secara terus menerus. (3) Faktor pendukung pelaksanaan program 5S (senyum, salam, sapa, sopan, santun) terhadap pembentukn akhlak siswa di MTs. Ismailiyyah Nalumsari Jepara diantaranya, Kepala sekolah dan guru selalu memberi teladan kepada siswa untuk melaksanakan program tersebut, munculnya kesadaran dari siswa untuk melaksanakan program 5S (senyum, salam, sapa, sopan, santun). Faktor penghambat pelaksanaan program 5S (senyum, salam, sapa, sopan, santun) adalah kurangnya pengetahuan peserta didik dari maksud pelaksanaan program 5S.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Amir Gufron,M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Program 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) dan Pembentukan Akhlak. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 14 Feb 2022 03:12 |
Last Modified: | 14 Feb 2022 03:12 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2262 |