ENDAH PUJI PRADANI, 131510000130 (2018) STRATEGI KOMUNIKASI BAZNAS KABUPATEN JEPARA DALAM PELAKSANAAN PENGUMPULAN ZAKAT TAHUN 2016. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
131510000130_COVER.pdf - Published Version
Download (704kB) | Preview
131510000130_BAB I.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
131510000130_BAB II.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
131510000130_BAB III.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
131510000130_BAB IV.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
131510000130_BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
131510000130_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
Abstract
Zakat merupakan suatu perintah yang harus dikeluarkan oleh setiap orang muslim yang telah memenuhi syarat dan memiliki harta (materi). di Jepara masyarakat yang mayoritas muslim dalam pemberian zakat melalui lembaga pengelola zakat masih kurang baik. Karena pada tahun 2008 pendapatan zakat hanya 70% dari dana operasional yang diberikan Pemerintah Daerah. Namun pada tahun 2016 lembaga yang mengelola Pengumpulan zakat mendapatkan hasil yang sangat baik dilihat dari laporan setiap bulanya dan penghargaan yang diberikan oleh Kementrian Agama karena sebagai Lembaga yang aktif dan perolehan yang cukup banyak se Jawa Tengah.
Maka dengan kondisi seperti itu penulis ingin mengetahui strategi komunikasi apakah yang dilakukan Badan amil zakat nasional kabupaten jepara dalam pengumpulan zakat, sehingga dalam laporanya lembaga ini setiap tahunya mampu mendapatkan peningkatan dalam penghimpunan dana zakat.
Adapun jenis penelitian yang penulis gunakan yaitu dengan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenoligi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk menganalisis data penulis memperoleh dari hasil wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan yang diperoleh.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang digunakan Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Jepara dalam pengumpulan zakat melalui: Strategi komunikasi verbal diantaranya dengan sosialisasi keberbagai instansi pemerintah dan masysrakat sekitar, serta melalui penjemputan zakat yang dilakukan oleh pengurus. Dalam pengumpulan zakat juga menggunakan strategi komunikasi non verbal seperti melalui surat edaran dari Bupati, datang langsung ke kantor Baznas dan melalui baliho serta promosi dengan media sosial.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Noor Rohman Fauzan, B.ed. M.A. Pembimbing II : Khoirul Muslimin, Sos.I.,M.I.Kom |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi, Pengumpulan Zakat. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X4 Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > 2X4.1 Ibadah > 2X4.14 Zakat 300 Ilmu Sosial > 300 Sosiologi dan Antropologi > 302 Interaksi Sosial > 302.2 Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 08 Feb 2022 03:32 |
Last Modified: | 08 Feb 2022 03:32 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2204 |