ZIYADATUL MA’RIFAH, 141310003166 (2019) IMPLEMENTASI METODE QIRO’ATI PADA SISWA KELAS 4 SDIT ALI BIN ABI THALIB SENDANG KALINYAMATAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
141310003166_COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
141310003166_BAB I.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
141310003166_BAB II.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
141310003166_BAB III.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
141310003166_BAB IV.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
141310003166_BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian adalah untuk menjelaskan: (1) Implementasi Metode Qiro’ati Pada Siswa Kelas 4 di SDIT Ali Bin Abi Thalib Sendang Kalinyamatan Jepara. (2) Tujuan dan target dari pembelajaran metode Qiro’ati Pada Siswa Kelas 4 di SDIT Ali Bin Abi Thalib Sendang Kalinyamatan Jepara. (3) Problematika yang dihadapi dan pemecahan masalah yang dilakukan dalam Implementasi Metode Qiro’ati Pada Siswa Kelas 4 di SDIT Ali Bin Abi Thalib Sendang Kalinyamatan Jepara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di SDIT Ali Bin Abi Thalib Sendang Kalinyamatan Jepara. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode dokumentasi dan metode wawancara(interview). Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Peneliti mengumpulkan data sambil melakukan kegiatan analisis sampai penarikan simpulan. Adapun jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDIT Ali Bin Abi Thalib Sendang Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018 berjumlah 204 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV yang berjumlah 32 siswa.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1)Bentuk implementasi Metode Qiro’ati Pada Siswa Kelas 4 di SDIT Ali Bin Abi Thalib Sendang Kalinyamatan Jepara secara Individual atau Privat, Klasikal-Individual, Baca-Simak Klasikal. Yang diharapkan dengan pembelajaran tersebut siswa dapat membaca al-Qur’an dengan tartil sesuai kaidah tajwid, lebih cepat bisa membaca al-Qur’an. (2)Implementasi Metode Qiro’ati Pada Siswa Kelas 4 di SDIT Ali Bin Abi Thalib Sendang Kalinyamatan Jepara dimulai dengan tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan terakhir tahap evaluasi. (3)Faktor pendukung dalam implementasi Metode Qiro’ati Pada Siswa Kelas 4 di SDIT Ali Bin Abi Thalib diantaranya; adanya dukungan orang tua dalam proses pembelajaran Qiro’ati yang terjadi di SDIT Ali Bin Abi Thalib, adanya motivasi guru dalam mengajarkan Qiro’ati, lingkungan yang kondusif SDIT Ali Bin Abi Thalib, adanya pembentukan kelompok dalam proses pelaksanaan pembelajaran, metode Qiro’ati yang diterapkan di SDIT Ali Bin Abi Thalib mudah dipahami. (4)Faktor penghambat dalam implementasi Metode Qiro’ati Pada Siswa Kelas 4 di SDIT Ali Bin Abi Thalib diantaranya; Karena keterbatasan alokasi waktu yang tersedia dalam melaksanakan proses pembelajaran, Siswa SDIT Ali Bin Abi Thalib masih ada yang ragu-ragu dan malu untuk membuka mulut dalam proses pembelajaran, Belum adanya reward dan punishment yang diterapka kepada guru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : H. Noor Rohman, B.Ed.,M.A. |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Metode Qiro’ati, SDIT Ali Bin Abi Thalib. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an) 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 07 Feb 2022 03:55 |
Last Modified: | 07 Feb 2022 03:55 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2171 |