NA’ISAH, 131310001585 (2019) IMPLEMENTASI METODE YANBU’A DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-HIKMAH PASIR MIJEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
131310001585_COVER.pdf - Published Version
Download (950kB) | Preview
131310001585_BAB 1.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
131310001585_BAB II.pdf - Published Version
Download (557kB) | Preview
131310001585_BAB III.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
131310001585_BAB IV.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
131310001585_BAB V.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
131310001585_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana implementasi metode Yanbu’a dalam pembelajaran al-Qur’an di TPQ Al-Hikmah Pasir Mijen Demak tahun ajaran 2017/2018. (2) Apa saja kelebihan dan kekurangan metode Yanbu’a dalam pembelajaran al-Qur'an di TPQ AI-Hikmah Pasir Mijen Demak tahun ajaran 2017/2018
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mendiskripsikan implementasi metode Yanbu’a dalam pembelajaran al-Qur’an di TPQ Al-Hikmah Pasir Mijen Demak. (2) Untuk mendiskripsikan kelebihan dan kekurangan metode Yanbu’a dalam pembelajaran al-Qur'an di TPQ AI-Hikmah Pasir Mijen Demak.
Metode yang digunakan dalam skripsi ini, yaitu penelitian field research dan pendekatan yang dipakai adalah pendekatan deskripstif.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Implementasi metode Yanbu’a dalam pembelajaran al-Qur’an di TPQ Al-Hikmah Pasir ustadzah tidak mengalami kesulitan yang berarti karena metode ini mudah diterapkan. Durasi waktunya adalah 15 menit. Materi tambahan merupakan materi hafalan yang harus dihafalkan santri dan mengiringi jam belajar al-qurannya setiap hari. (2) Kelebihan metode Yanbu’a dalam pembelajaran al-Qur'an di TPQ AI-Hikmah Pasir Mijen Demak adalah ditulis dengan menggunakan Rosm Ustmani, anak-anak lebih bisa membaca al-Qur’an dengan cepat, semua materi Yanbu’a disesuaikan dengan kemampuan siswa, anak-anak bisa mengenal tulisan Arab/pegon, diajarkan untuk menghafal surat-surat pendek/ surat pilihan sesuai tingkat pembelajarannya. Kekurangannya adanya kemampuan anak yang berbeda dengan anak yang lain. Dengan hal ini guru harus lebih telaten dalam pengajarannya, dan dalam hal ini guru tidak boleh lelah dan terus memberi motivasi terhadap anak agar tidak mudah putus asa dalam belajar. Dan guru juga harus bisa menyesuaikan dengan keadaan murid masing-masing, kurang konsentrasinya peserta didik dalam mengikuti pembelajaran al-Qur’an dengan menggunakan metode Yanbu’a, sehingga dalam mengikuti proses pembelajaran mereka jadi kurang konsentrasi dan tidak bersemangat. Tetapi para guru mempunyai cara untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan terus menegur dan memberi motivasi tersendiri agar para murid bisa semangat lagi dalam mengikuti proses pembelajaran sampai selesai.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Maswan,M.M. |
Uncontrolled Keywords: | Metode, Yan’bua, Pembelajaran al-Qur’an, TPA |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an) 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 07 Feb 2022 03:29 |
Last Modified: | 07 Feb 2022 03:29 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2170 |