AH. ZAINUDIN, 141310003170 (2019) STUDI ANALISIS PENERAPAN METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN BACA DAN TULIS AL QUR’AN DI MADRASAH TSANAWIYAH MIFTAHUL HUDA WATUAJI KELING JEPARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
141310003170_COVER.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
141310003170_BAB I.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
141310003170_BAB II.pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
141310003170_BAB III.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
141310003170_BAB IV.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
141310003170_BAB V.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
141310003170_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : Ingin mengetahui penerapan metode sorogan dalam pembelajaran baca dan tulis Al Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda Watuaji Keling Jepara Tahun 2018/2019. Ingin mendeskripsikan faktor kelebihan dan kekurangan dalam penerapan metode sorogan dalam pembelajaran baca dan tulis Al Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda Watuaji Keling Jepara Tahun 2018/2019.
Agar tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini dapat terwujud, maka memerlukan metode penelitian yang pada prinsipnya adalah suatu cara kerja yang dapat di pergunakan untuk memahami objek tertentu untuk itu, guna mendukung penelitian ini peneliti akan menjelaskan hal-hal yang terkait dengan metode dalam penelitian ini di antaranya adalah wawancara, observasi, serta menyelidiki benda benda tertulis seperti buku, dan majalah.
Penerapan metode sorogan ini efektif dalam mendidik siswa agar lebih aktif dalam mempelajari dan memahami Al Qur’an, karena kegiatan belajar mengajar secara individual dapat meningkatkan keaktifn siswa dalam membahas masalah dan memecahkan nya. Pembelajaran secara berhadap hadapan dalam sistem sorogan memungkinkan guru menguji pengetahuan siswa secara individu. Metode ini mengakibatkan kedekatan antara guru dengan siswa sehingga guru mampu mengetahui dan memahami problem problem yang di hadapi siswa. Metode sorogan sebagai salah satu metode tradisional yang mampu membantu siswa untuk membaca dan memahami Al Qur’an sebagai referensi utama. Guru yang mengajar juga masih brdomisili di sekitar madrasah sehingga dapat mempermudah siswa untuk bertanya dan berdiskusi.
Metode ini mempunyai kelebihan di antaranya kemampuan siswa langsung terdeteksi , bisa langsung di ingatkan dan di bimbing langsung, memliki daya ingat yang cukup lama pada siswa, siswa memiliki catatan dan tulisan sebagai bukt dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing :Drs. Maswan,M.M. |
Uncontrolled Keywords: | Studi Analisis, Metode Sorogan, Baca Dan Tulis |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an) 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 03 Feb 2022 04:03 |
Last Modified: | 03 Feb 2022 04:03 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2163 |