MUHAMAD LIWA UDDIN, 17261000445 (2019) EFEKTIVITAS SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PADA MADRASAH ALIYAH AL-HIKMAH DI KAJEN MARGOYOSO PATI. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
|
Text
172610000445_COVER.pdf - Published Version Download (655kB) | Preview |
|
|
Text
172610000445_BAB I.pdf - Published Version Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
172610000445_BAB II.pdf - Published Version Download (219kB) | Preview |
|
|
Text
172610000445_BAB III.pdf - Published Version Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
172610000445_BAB IV.pdf - Published Version Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
172610000445_BAB V.pdf - Published Version Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
172610000445_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (383kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Perencanaan supervisi akademik Kepala Madrasah Aliyah Al-Hikmah Kajen Margoyoso Pati, 2) Pelaksanaan supervisi akademik Kepala Madrasah Aliyah Al-Hikmah Kajen Margoyoso Pati, dan 3) Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan supervisi akademik Kepala Madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik Guru di Madrasah Aliyah Al-Hikmah Kajen Margoyoso Pati.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), yang menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian yang mengambil obyek di Madrasah Aliyah Al-Hikmah Kajen Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati ini, menggali data dari Kepala Madrasah dan guru dengan fokus kegiatan supervisi akademik yang dilakukan Kepala Madrasah dalam meningkatakan kompetensi pedagogik guru. Data yang dibutuhkan digali melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dimulai sejak terjadi kegiatan data collecting (pengumpulan data). Setelah itu baru dilakukan kegiatan analisis yang mencakup kegiatan-kegiatan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan verifikasi (conclution drawing).
Temuan yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah 1) Perencanaan supervisi akademik Kepala Madrasah Aliyah Al-Hikmah Kajen dilakukan dengan menyusun RKA (Rencana Kepengawasan Akademik) yang didasarkan pada hasil refleksi dan evaluasi supervisi tahun sebelumnya. 2) Supervisi akademik Kepala Madrasah Aliyah Al-Hikmah Kajen dilaksanakan dengan teknik kelompok dan individual. Teknik kelompok dilaksanakan dalam bentuk workshop peningkatan kualitas pembelajaran, sedangkan teknik individu dilakukan dalam bentuk supervisi perangkat pembelajaran dan supervisi proses pembelajaran. 3) Faktor-faktor yang mempengaruhi supervisi akademik Kepala Madrasah Aliyah Al-Hikmah Kajen dibedakan dalam dua macam, yaitu faktor pendukung dan faktor penghmabat. Faktor pendukungnya adalah a) Perencanaan yang matang; b) Kesiapan guru; c) Pemahamam guru tentang pentingnya supervisi; dan d) Prefesionalitas guru. Sedangkan faktor penghambatnya adalah a) banyaknya komponen kurikulum muatan lokal; dan b) keterbatasan dana anggaran peningkatan kompetensi guru.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr.H.Mustaqim,M.Pd. Pembimbing II : Dr.H.Subaidi,M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Supervisi Akademik, Kompetensi Pedagogik, Madrasah Aliyah Al-Hikmah Kajen. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Pedagogi 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 24 Jan 2022 02:33 |
Last Modified: | 24 Jan 2022 02:33 |
URI: | http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1899 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |