AHMAD KHAKIM MUTHOHAR, 172610000444 (2019) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR FIKIH SISWA KELAS IX MTS SEKECAMATAN MARGOYOSO TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
172610000444_COVER.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
172610000444_BAB I.pdf - Published Version
Download (679kB) | Preview
172610000444_BAB II.pdf - Published Version
Download (695kB) | Preview
172610000444_BAB III.pdf - Published Version
Download (778kB) | Preview
172610000444_BAB IV.pdf - Published Version
Download (826kB) | Preview
172610000444_BAB V.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
172610000444_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
8. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Seorang guru sangat berperan penting terhadap keberhasilan siswa dalam pembelajaran, begitu juga tidak kalah pentingnya dengan sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik dan sumber belajar terhadap hasil belajar Fikih siswa kelas IX MTs sekecamatan Margoyoso.
Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru fikih pada Madrasah Tsanawiyah sekecamatan Margoyoso berjumlah 30 orang dan siswa kelas IX yang diambil sampel 30 anak dengan teknik proportional stratified random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, dan observasi. Teknik analisa data menggunakan regresi ganda.
Hasil analisis uji hipotesis ditemukan bahwa regresi tunggal X1 terhadap Y menggunakan rumus statistik Fhitung = 9.16615 sedang menggunakan SPSS = 9.166 Kompetensi pedagogik mempengaruhi hasil belajar Fikih siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah sekecamatan Margoyoso Pati 2018/2019 sebesar 40.05% dipengaruhi variabel lain sebesar 59.05%, kemudian hasil analisis dikonsultasikan dengan nilai Ftabel dengan taraf signifikan rhitung rtabel 5% → Ft = 4.17, dan 1 % → Ft = 7.56. Kesimpulannya adalah Fh > Ft, (Fhitung lebih besar dari pada nilai Ftabel) berarti tolak Ho dan terima Ha.
Hasil analisis uji hipotesis ditemukan bahwa regresi tunggal X2 terhadap Y menggunakan rumus statistik Fhitung = 10.13565 sedang menggunakan SPSS Fhitung = 10.135 Sumber Belajar mempengaruhi hasil belajar fikih siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah sekecamatan Margoyoso Pati 2018/2019 sebesar 57.1% dan dipengaruhi variabel lain sebesar 42.9%, kemudian hasil analisis dikonsultasikan dengan nilai Ftabel dengan taraf signifikan 5% → Ft = 4.17, dan 1 % → Ft = 7.56. Kesimpulannya adalah Fhitung > Ftabel, (Fhitung lebih besar dari pada nilai Ftabel) berarti tolak Ho dan terima Ha.
Hasil analisis uji hipotesis ditemukan bahwa regresi ganda X1 dan X2 terhadap Y menggunakan rumus statistik Fhitung = 6.14612 sedang menggunakan SPSS Fhitung = 6.146, X1 (Kompetensi Pedagogik) dan X2 (Sumber Belajar) mempengaruhi Y (hasil belajar Fiqih siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah sekecamatan Margoyoso Pati 2018/2019) sebesar 55,4% dan dipengaruhi variabel lain sebesar 44.6%. apabila hasil analisis dikonsultasikan antara r hitung dengan r tabel, maka r hitung lebih besar daripada r table rumus statistik sebesar 6.10951 menggunakan SPSS 17.0 sebesar 6.095, sedang r tabel pada taraf signifikansi 5% yang nilainya 3.32 dan 1% yang nilainya 5.39 didapatkan hasil yang signifikan berarti tolak Ho dan terima Ha.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr.H.Mustaqim,M.Pd. Pembimbing II : Dr.H.Zubaidi,M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Pedagogik Guru, Sumber Belajar, Hasil Belajar fikih |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Pedagogi |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 24 Jan 2022 02:22 |
Last Modified: | 24 Jan 2022 02:22 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1895 |