Search for collections on Publications

PENGARUH KUALITAS PEMBELAJARAN DAN MINAT MEMBACA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MA SE KECAMATAN JEKULO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2018/2019

KHOIRIYAH, 172610000453 (2019) PENGARUH KUALITAS PEMBELAJARAN DAN MINAT MEMBACA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MA SE KECAMATAN JEKULO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 172610000453_COVER.pdf]
Preview
Text
172610000453_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 172610000453_BAB I.pdf]
Preview
Text
172610000453_BAB I.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 172610000453_BAB II.pdf]
Preview
Text
172610000453_BAB II.pdf - Published Version

Download (362kB) | Preview
[thumbnail of 172610000453_BABIII.pdf]
Preview
Text
172610000453_BABIII.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of 172610000453_BAB IV.pdf]
Preview
Text
172610000453_BAB IV.pdf - Published Version

Download (430kB) | Preview
[thumbnail of 172610000453_BABV.pdf]
Preview
Text
172610000453_BABV.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 172610000453_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
172610000453_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 8. LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (516kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif diskriptif. Penelitian ini termasuk penelitian ex post facto. Ex post facto adalah suatu rancangan yang dipergunakan untuk menentukan hubungan antara variabel yang tidak dapat dilaksanakan dengan eksperimen. Karena variabelnya telah terjadi atau bekerja dan telah menimbulkan pengaruh terhadap variabel tergantung secara alamiah (apa adanya), tanpa ada rancangan penelitian sebelumnya untuk diteliti, tidak dioperasikan dalam kondisibuatan, dan diukur bersama-sama variabel yang lain.
Hasil dari analisis menunjukkan bahwa pertama, Kualitas pembelajaran secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa MA Sekecamatan Jekulo Kudus yang ditunjukkan dengan perolehan hasil uji t yaitu nilai thitung sebesar 1.718 dan nilai signifikansi sebesar 0.027. Hasil ini menunjukkan bahwa semakin baik kualitas pembelajaran guru maka dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa MA Sekecamatan Jekulo kudus. Kedua, Minat membaca siswa memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa MA Sekecamatan Jekulo Kudus, yang ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 4.417 dan nilai signifikansi sebesar 0.000. Hasil ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi minat membaca siswa maka akan meningkatkan hasil belajar kognitif siswa MA Sekecamatan Jekulo Kudus. Ketiga Kualitas pembelajaran dan minat membaca secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa MA Sekecamatan Jekulo Kudus, yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung sebesar 10.626 dengan taraf signifikasi 0.000. Hasil analisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar kognitif siswa menunjukkan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0.204. Hal ini berarti kualitas pembelajaran dan minat membaca siswa mempunyai kontribusi secara bersama-sama sebesar 20.4% terhadap hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr.H.Mustaqim,M.Pd. Pembimbing II : Dr.H.Subaidi,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, Minat Membaca, Hasil belajar Kognitif
Subjects: 000 Karya Umum > 020 Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 028.9 Minat Baca
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 24 Jan 2022 02:05
Last Modified: 24 Jan 2022 02:05
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1892

Actions (login required)

View Item
View Item