MUSTOFA, 172610000540 (2019) PENGARUH SUPERVISI KEPALA MADRASAH DAN KEDISIPLINAN GURU TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH SE-KKM MTS. N MARGOYOSO KABUPATEN PATI. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
172610000540_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
172610000540_BAB I.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
172610000540_BAB II.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
172610000540_BAB III.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
172610000540_BAB IV.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
172610000540_BAB V.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
172610000540_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. Lampiran.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
Abstract
Kinerja guru dapat dilihat dari kemampuannya mengelola pembelajaran. Kinerja guru menuntut profesionalitas, yang memerlukan pihak lain untuk mengawasi, mengevaluasi, membina dan membimbing dalam kegiatan supervisi. Walaupun begitu, sebaik apapun supervisi, tidak akan efektif apabila tidak ada kemauan dan kesungguhan dari guru.
Penelitian ini ditujukan untuk menganlisis dan membuktikan 1) pengaruh supervisi kepala madrasah terhadap kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah se-KKM MTs. N Margoyoso Pati; 2) pengaruh kedisiplinan guru terhadap kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah se-KKM MTs. N Margoyoso Pati; dan 3) pengaruh supervisi Kepala Madrasah dan kedisiplinan guru secara simultan berpengaruh terhadap kinerja guru Madrasah Tsanawiyah se-KKM MTs. N Margoyoso Pati.
Penelitian ini termasuk penelitian korelatif karena ingin mengetahui hubungan antara dua variabel dependen dengan satu variabel independen. Populasi penelitian ini adalah Kepala Madrasah dan guru Madrasan Tsanawiyah se-KKM MTs. N Margoyoso, yang tediri dari 48 Madrasah Tsanawiyah. Populasi Kepala Madrasah berjumlah 48 orang, dan populasi guru berjumlah 920. Populasi guru diambil semua sebagai responden, sedangkan populasi guru diambil sampel sebanyak 240 orang sebagai responden.
Penelitian ini menyimpulkan 1) Ada pengaruh positif dan signifikan supervisi Kepala Madrasah terhadap kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah se-KKM MTs. N Margoyoso Kabupaten Pati sebesar 87,9%. Hal ini ditunjukkan oleh nilai R Square 0,879. Kesimpulan ini dikuatkan oleh hasil analisis regresi sederhana yang menghasilkan persamaan Ŷ = 39,696 + 0,598X. 2) Ada pengaruh positif dan signifikan kedisiplinlan guru terhadap kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah se-KKM MTs. N Margoyoso Kabupaten Pati sebesar 86,8%. Hal ini ditunjukkan oleh nilai R Square 0,868. Kesimpulan ini dikuatkan oleh hasil analisis regresi sederhana yang menghasilkan persamaan Ŷ = 17,530 + 0,814X. 3) Ada pengaruh positif dan signifikan supervisi Kepala Madrasah dan kedisiplinan guru secara simultan terhadap kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah se-KKM MTs. N Margoyoso Kabupaten Pati sebesar 93,9%. Hal ini ditunjukkan oleh nilai R Square 0,939. Kesimpulan ini ditunjukkan oleh hasil analisis regresi berganda yang menghasilkan persamaan Ŷ = 24,436 + 0,335X1 + 0,421X2.
Hasil penelitian ini mendukung hasil penelitian Novi Maryani yang menyimpulkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara supervisi kepala sekolah dan kompetensi profesional guru dengan kinerja guru. Perlu ditekankan bahwa kompetensi profesional merupakan salah satu bentuk kedisiplinan seorang guru.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr.H.Mustaqim,M.Pd. Pembimbing II : Dr.H.Subaidi,M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Supervisi Kepala Madrasah, Kedisiplinan Guru, Kinerja Guru |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 21 Jan 2022 02:20 |
Last Modified: | 21 Jan 2022 02:20 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1889 |