KHUSNI FAIDLUL BAROKAH, 171310003931 (2021) ANALISIS KESIAPAN PENDIDIK PAI DALAM MELAKSANAKAN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) PESERTA DIDIK (Studi Kasus Di Sdit Manba’ul Ulum Mayong Jepara). Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
|
Text
171310003931_COVER.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
171310003931_BAB I.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
171310003931_BAB II.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
171310003931_BAB III.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
171310003931_BAB IV.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
171310003931_BAB V.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
171310003931_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (802kB) | Preview |
|
|
Text
171310003931_LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk menganalisis kesiapan pendidik PAI dalam melaksanakan AKM peserta didik di SDIT Manba’ul Ulum Mayong Jepara. (2) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat kesiapan pendidik PAI dalam melaksanakan AKM Peserta didik di SDIT Manba’ul Ulum Mayong Jepara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian menggunakan penelitian lapangan (field research). Peneliti memperoleh data yang bersumber dari penelitian langsung di tempat peneliti yang dituju yaitu SDIT Manba’ul Ulum Mayong. Metode penelitian yang digunakan adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Program merdeka belajar AKM akan dilaksanakan di semua lembaga formal dengan teknis mengerjakan soal menggunakan komputer yang mencakup literasi membaca dan literasi numerasi.
Hasil penelitian ini, kesiapan pendidik PAI dalam melaksankan AKM peserta didik di SDIT Manba’ul Ulum Mayong Jepara dalam penyampaian materi dan soal yang mencakup literasi membaca dan literasi numerasi sudah disiapkan dengan baik dengan dibuktikan peserta didik sudah mempunyai bahan ajar soal AKM berupa buku pegangan yang dijadikan pemetaan mutu kualitas AKM, akan tetapi dalam segi fasilitas komputer untuk pelaksanaan AKM masih belum siap sehingga pelaksanaan AKM akan dilaksankan di SMK Manba’ul Ulum Mayong Jepara. Adapun faktor pendukung maupun penghambat dalam proses kesiapan maupun pelaksanaanya. Faktor pendukung tersebut antara lain: (1) Antusiasme semangat peserta didik. (2) Fasilitas kelas memadai. Adapun faktor penghambat antara lain: (1) Sosialisasi AKM kurang intensif. (2) Peserta didik kurang perhatian orang tua. (3) Terkendala jumlah komputer. Pelaksanaaan AKM SDIT Manba’ul Ulum Mayong Jepara akan dilaksanakan menumpang semi-online di SMK Manba’ul Ulum Mayong Jepara, dengan pertimbangan agar tidak terjadi banyak sesi dan waktu dalam mengerjakan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Eka Setya Budi, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kesiapan Pendidik PAI, AKM, Peserta Didik. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 21 Jan 2022 01:55 |
Last Modified: | 21 Jan 2022 01:55 |
URI: | http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1881 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |