Search for collections on Publications

IMPLEMENTASI UU NOMOR 14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN DALAM MEWUJUDKAN HAK DAN KEWAJIBAN GURU (Studi Kritis pada MA Se-Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati)

ANIS ZAINAL ARIFIN, 172610000430 (2019) IMPLEMENTASI UU NOMOR 14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN DALAM MEWUJUDKAN HAK DAN KEWAJIBAN GURU (Studi Kritis pada MA Se-Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati). Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 172610000430_COVER.pdf]
Preview
Text
172610000430_COVER.pdf - Published Version

Download (486kB) | Preview
[thumbnail of 172610000430_BAB I.pdf]
Preview
Text
172610000430_BAB I.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 172610000430_BAB II.pdf]
Preview
Text
172610000430_BAB II.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 172610000430_BAB III.pdf]
Preview
Text
172610000430_BAB III.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 172610000430_BAB IV.pdf]
Preview
Text
172610000430_BAB IV.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[thumbnail of 172610000430_BAB V.pdf]
Preview
Text
172610000430_BAB V.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 172610000430_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
172610000430_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisa secara detail dari realitas yang terjadi tentang pelaksanaan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen di Madrasah Aliyah. Tujuan dalam penelitian ini dapat dipaparkan sebagai berikut: 1) Untuk menganalisa efektifitas tingkat profesionalisme guru Madrasah Aliyah sesuai dengan pemberlakuan UU Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, 2) Untuk menganalisa hal-hal yang harus dilakukan agar hak dan kewajiban Guru Madrasah Aliyah dapat diperoleh oleh merata semua guru Madrasah Aliyah yang ada di Margoyoso Kabupaten Pati, 3) Agar UU Guru dan Dosen dapat benar-benar berfungsi sebagai Undang-Undang perlindungan guru di Madrasah Aliyah. Penelitian ini merupakan penelitian survey lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan trianggulasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan metode yang dirilis oleh Miles dan Huberman melalui tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. dengan lokasi observasi dan data dari Madrasah Aliyah Se-KecamatanMargoyoso Kabupaten Pati. Dari hasil analisis data dapat diperoleh temuan-temuan sebagai berikut : Pertama, Keberadaan guru-guru di Madrasah Aliyah Se Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati dalam menjalankan aktifitas dan tugasnya berjalan apa adanya. Artinya peningkatan profesionalisme guru Madrasah Aliyah di Margoyoso berjalan sendiri-sendiri sesuai dengan kebijakan pengelola madrasah dan belum secara sungguh-sungguh mengacu pada undang-undang sebagai payung hukum dalam menjalankan profesinya sebagai guru. Kedua, Dalam hal pemenuhan hak atau kesejahteraan dan karier profesi belum signifikan dilakukan semua pengelola madrasah selaku penganggung jawab guru di lingkunganya dan cenderung menggantungkan dari kebijakan pemerintah yang tentunya tidak bisa menyeluruh ke semua guru khususnya guru mulok agama yang berlatar belakang pesantren. Ketiga, perlindungan guru di Madrasah Aliyah Se Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati, belum maksimal penerapannya dalam hal perlindungan kesehatan, karier, hukum dan jenjang profesi.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr.H.Sa'adullah Assa'idi,M.Ag. Pembimbing II : Dr.H.Mashudi,M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme Guru, Hak Dan Kewajiban Guru, Dan Perlindungan Profesi Guru Madrasah Aliyah
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 21 Jan 2022 01:51
Last Modified: 21 Jan 2022 01:51
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1875

Actions (login required)

View Item
View Item