Search for collections on Publications

KONSEP PROFESIONALISME GURU PERSPEKTIF AL-GHOZALI (Telaah Kitab Ihya’ Ulumuddin)

AHMAD AFIF ARFIANTO, 151310003378 (2021) KONSEP PROFESIONALISME GURU PERSPEKTIF AL-GHOZALI (Telaah Kitab Ihya’ Ulumuddin). Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 151310003378_COVER.pdf]
Preview
Text
151310003378_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 151310003378_BAB I.pdf]
Preview
Text
151310003378_BAB I.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 151310003378_BAB II.pdf]
Preview
Text
151310003378_BAB II.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of 151310003378_BAB III.pdf]
Preview
Text
151310003378_BAB III.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of 151310003378_BAB IV.pdf]
Preview
Text
151310003378_BAB IV.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 151310003378_BAB V.pdf]
Preview
Text
151310003378_BAB V.pdf - Published Version

Download (686kB) | Preview
[thumbnail of 151310003378_daftar pustaka.pdf]
Preview
Text
151310003378_daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah: 1.Untuk memahami dan mengetahui secara mendalam tentang Bagaimana Konsep Profesionalisme guru Perspektif Al Ghazali 2.Untuk mengetahui Relevansi Konsep Profesionalisme Guru Perspektif Al Ghazali dengan Konsep Profesionalisme Guru Zaman Sekarang.
Untuk menjawab masalah tersebut, maka dilakukan penelitian kepustakaan dengan jenis penelitian library research dengan menggunakan pendekatan historis filosofis.Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder.Data primer yaitu kitab Ihya’ Ulumuddin Juz 1 dan Juz 5 karya Imam Al Ghazali, sedangkan data sekunder yaitu sejumlah literatur yang relevan.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu yaitu dokumentasi.Analisis yang dilakukan adalah destruktif.
Hasil penelitian ini adalah 1.Konsep Profesionalisme guru Perspektif Al-Ghazali, adalah Penyayang bagi peserta didik, Ikhlash, Zuhud, Hendaknya mengajar mengikuti pemilik syara’ yaitu Nabi Muhammad saw, Menasehati muridnya supaya tidak sibuk dengan ilmu-ilmu yang abstrak sebelum selesai ilmu-ilmu yang pokok, Mencegah peserta didik dari suatu akhlak yang tidak baik dengan jalan sindiran, Hindari mencela ilmu yang lain, Mengajarkan ilmu sesuai dengan tingkat pemahaman, Jangan menimbulkan rasa benci pada murid untuk belajar ilmu yang lain, Seseorang guru harus mengamalkan ilmunya. Kompetensi yang harus dimiliki oleh guru menurut Al-Ghazali, adalah : Al-Ghazali menilai bahwa seorang guru memiliki peran lebih utama di bandingkan orang tuanya, karena orang tua berperan hanya sebagai penyebab adanya anak di dunia sementara ini, maka guru harus memiliki kompetensi kecererdasan dan Sempurna Akalnya, Baik Akhlaknya, seperti Jujur dan Menjadi Teladan Bagi Muridnya dan Jauh Dari Sifat Marah.2.Relevansi Konsep Profesionalisme Guru Perspektif Al-Ghazali dengan Konsep Profesionalisme Guru Zaman sekarang adalah relevan dengan empat kompetensi yang harus dimiliki guru yaitu: Kompetensi Paedagogik, Kepribadian, Sosial, dan Profesional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : H. Mufid, M,Ag
Uncontrolled Keywords: Konsep Profesionalisme, Guru Perspektif Al-Ghazali
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 21 Jan 2022 01:45
Last Modified: 21 Jan 2022 01:45
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1872

Actions (login required)

View Item
View Item