SYAIFUR ROHMAN, 201310004591 (2021) PEMBENTUKAN AKHLAK PESERTA DIDIK MELALUI KURIKULUM MUATAN LOKAL DI MA MATHOLI’UL HUDA TROSO PECANGAAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
201310004591_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
201310004591_BAB I.pdf - Published Version
Download (462kB) | Preview
201310004591_BAB II.pdf - Published Version
Download (600kB) | Preview
201310004591_BAB III.pdf - Published Version
Download (851kB) | Preview
201310004591_BAB IV.pdf - Published Version
Download (528kB) | Preview
201310004591_BAB V.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
201310004591_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
201310004591_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Pembentukkan akhlak adalah salah satu tujuan dari pendidikan, dan adanya pembelajaran muatan lokal ini menjadi salah satu upaya dalam membetukan akhlak, karena perilaku yang yang baik yang harus dimilki dalam diri seorang peserta didik.
Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembentukan akhlak peserta didik melalui kurikulum muatan lokal di MA Matholi'ul Huda Troso Pecangaan Jepara, serta apa saja yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat pada pelaksanaan pembentukan akhlak peserta didik tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini di MA Matholi'ul Huda Troso Pecangaan Jepara. Subjek pada penelitian ini yaitu Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, Guru Muatan Lokal Akhlak, dan Peserta Didik MA Matholi'ul Huda Troso Pecangaan Jepara. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, kemudian penyajian data, dan dilanjutkan dengan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pembentukan akhlak peserta didik melalui kurikulum muatan lokal, sudah sesuai dengan langkah-langkah yang ada. Kemudian dalam pelaksanaanya, menggunakan metode dengan keteladanan, paksaan, pembiasaan (bersalaman, sholat dhuha dan dhuhur berjama’ah, istighosah, tahtimul Qur'an, membaca surat-surat pilihan, Peringatan Hari Besar Islam),pemberian nasehat dan motivasi, serta memberi sanksi dan penghargaan kepada peserta didik. Dalam membentuk akhlak peserta didik. Adapun faktor yang menjadi penghambat yaitu kurangnya kreatifitas dalam pemanfaatan media pembeajaran yang digunakan sehingga pembelajaran cenderung monoton dan membosankan, latar belakang pendidikan siswa sebelumya, kurangnya kemapuan orang tua dalam memberi pengarahan. Adapun faktor pendukung yang ditemukan yaitu, pemilihan guru yang sesuai dengan kompetensi bidangnya, adanya apresiasi masyarakat yang tinggi. Hasil dari pembentukan akhlak peserta didik cukup memberikan pengaruh kepada perubahan sikap dan perilaku peserta didik walaupun disadari hasilnya belum maksimal sebagaimana yang diharapkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Abdul Rozaq, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Akhlak, Kurikulum, Muatan Lokal. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X5.1 Akhlak (Akhlaq) 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 21 Jan 2022 01:43 |
Last Modified: | 21 Jan 2022 01:43 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1870 |