NURUL ISTHIFAIYAH, 161310003641 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN TES BERBASIS DARING MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MI KELAS 5 SUWAWAL. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
161310003641_ COVER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
161310003641_ BAB I.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
161310003641_ BAB II.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
161310003641_ BAB III.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
161310003641_ BAB IV.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
161310003641_ BAB V.pdf - Published Version
Download (458kB) | Preview
161310003641_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
161310003641_ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (775kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan kognitif peserta didik dalam menyelesaikan tes berbasis daring mata pelajaran aqidah akhlak di mi kelas 5 suwawal. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Kemampuan Kognitif Peserta Didik dalam Menyelesaikan Tes Berbasis Daring Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MI Kelas 5 Suwawal.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Untuk mengumpulkan data tentang telaah hasil tes daring mapel aqidah akhlak serta mengetahui tingkat kemampuan kognitif siswa digunakan metode observasi, dan untuk mengumpulkan data tentang tingkat kemampuan kognitif siswa serta apa saja faktor pendukung dan penghambat kemampuan kognitif peserta didik dalam menyelesaikan tes berbasis daring mata pelajaran aqidah akhlak di MI Kelas 5 Suwawal digunakan metode wawancara.
Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan model analisis deskriptif-eksploratif dengan melibatkan 3 (tiga) komponen analisis: (a) reduksi data (data reduction), (b) penyajian data (data display), dan (c) penarikan kesimpulan (verification). Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan hasil penelitian Pada mata pelajaran aqidah akhalak di MI 02 Suwawal, anak belum cenderung atau belum diarahkan ke indikator kemampuan mencipta disebabkan mereka sudah terbiasa dengan konsep-konsep yang ada dibuku. Selain itu, untuk mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang terkait dengan materi aqidah akhlak seperti jujur, mereka belum terbiasa sebab untuk kelas rendah, menurut gurunya anak masih suka bermain. Untuk kelas tinggi, materi aqidah akhlak terkait husnudzan biasanya anak sudah ada yang bisa memecahkan permasalahan-permasalahan sederhana, seperti cara menghadapi suatu masalah anak kecil yang kencing, mereka sudah berani mengajukan pendapat atau hipotesis terkait hal-hal baru yang hukumnya belum dipelajari dibuku pelajaran. (2) Faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran daring antara lain adalah kurangnya pemahaman orang tua dalam menggunakan ponsel, Orangtua masih kurang mengetahui bahwa pembelajaran dilaksanakan secara daring. Adapun faktor pendukung dalam proses pembelajaran daring adalah izin dari pihak sekolah, adanya media, adanya jaringan internet, daya listrik yang memadai, dan soal yang dibuat sudah memenuhi prinsip-prinsip pembuatan soal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Nusrotus Saidah, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Kognitif Peserta Didik, Tes Berbasis Daring, Mata Pelajaran Aqidah Akhlak |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X5.1 Akhlak (Akhlaq) 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 21 Jan 2022 01:40 |
Last Modified: | 21 Jan 2022 01:40 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1867 |