MULYONO, 172610000434 (2019) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR FIKIH SISWA MTS. SE KECAMATAN MARGOYOSO KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
172610000434_cover.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
172610000434_BAB I.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
172610000434_BAB II.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
172610000434_BAB III.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
172610000434_BAB IV.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
172610000434_BAB V.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
172610000434_Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
8. Lampiran-Lampiran.pdf - Published Version
Download (38MB) | Preview
Abstract
Setiap orang menginginkan keberhasilan dalam melakukan suatu kegiatan, termasuk belajar. Keberhasilan belajar bisa dipengaruhi banyak faktor, baik faktor yang bersifat intern maupun ekstern. Pada sisi internal, hal terpenting yang perlu disiapkan adalah motivasi dalam diri pembelajar. Motivasi bisa ditumbuhkan oleh sesuatu yang datang dari luar dirinya (ekstern), seperti perhatian orang tua dan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran yang lebih dikenal dengan istilah kompetensi pedagogik guru.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) menguji dan menganalisis pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar Fikih siswa di MTs. se Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati pada tahun pelajaran 2018/2019; 2) menguji dan menganalisis pengaruh perhatian orang tua siswa terhadap hasil belajar Fikih siswa di MTs. se Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati pada tahun pelajaran 2018/2019; dan 3) menguji dan menganalisis pengaruh kompetensi pedagogik guru dan perhatian orang tua baik secara parsial maupun secara bersama-sama terhadap hasil belajar Fikih siswa MTs. se Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati pada tahun pelajaran 2018/2019.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini termasuk penelitian korelatif karena ingin mengetahui hubungan antara dua variabel dependen dengan satu variabel independen. Populasi penelitian ini adalah siswa Madrasan Tsanawiyah se wilayah Kecamatan Margoyoso, yang tediri dari 16 Madrasah Tsanawiyah. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui angket dan dokumen. Sebelum digunakan, angket penelitian diuji validitas dan reliabilitasnya.
Penelitian ini menyimpulkan 1) Ada pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar Fikih siswa di MTs. se Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati pada tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini diketahui dari analisis regresi linier sederhana yang menghasilkan persamaan Ŷ = 73,755 + 0,026X. Persamaan ini berarti skor dasar hasil belajar Fikih adalah 73,755, dan akan meningkat 0,026 point apabila skor kompetensi pedagogik guru dinaikkan satu point. 2) Ada pengaruh perhatian orang tua siswa terhadap hasil belajar Fikih siswa di MTs. se Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati pada tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini diketahui dari analisis regresi linear sederhana yang menghasilkan persamaan Ŷ = 52,413 + 0,388X. Persamaan ini berarti skor dasar hasil belajar Fikih adalah 52,413, dan akan meningkat 0,338 point apabila skor perhatian orang tua dinaikkan satu point. 3) Ada pengaruh kompetensi pedagogik guru dan perhatian orang tua baik secara parsial maupun secara bersama-sama terhadap hasil belajar Fikih siswa MTs. se Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati pada tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini diketahui dari hasil analisis regresi linier berganda yang menghasilkan persamaan regresi Ŷ = 0,294X1 + 0,628X2. Hal ini berarti hasil belajar Fikih siswa akan meningkat 0,294 poin apabila kompetensi pedagogik guru dinaikkan satu skor, dan akan meningkat 0,628 poin apabila perhatian orang tua dinaikkan satu skor.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr.H.Sa'adullah Assa'idi,M.Ag. Pembimbing II : Dr.H.Mashudi,M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi, Kompetensi Pedagogik, Perhatian Orang Tua, Hasil Belajar Fikih. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Pedagogi 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 21 Jan 2022 01:36 |
Last Modified: | 21 Jan 2022 01:36 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1865 |