LAILAH ZAKIYYATUR ROBI’AH, 162610000354 (2019) MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM BIDANG TAHFIDZ AL-QUR’AN PADA KELAS UNGGULAN DI MA NU NAHDLATUL FATA PETEKEYAN KECAMATAN TAHUNAN KABUPATEN JEPARA. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
162610000354_COVER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
162610000354_BAB I.pdf - Published Version
Download (687kB) | Preview
162610000354_BAB II.pdf - Published Version
Download (846kB) | Preview
162610000354_BAB III.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
162610000354_BAB IV.pdf - Published Version
Download (687kB) | Preview
162610000354_BAB V.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
162610000354_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (648kB) | Preview
Abstract
Pengembangan kurikulum telah berubah dari tahun ke tahun. Kurikulum pada dasarnya mengacu pada karakteristik siswa, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada zamannya juga mengacu pada kebutuhan masyarakat. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MA NU Nahdlatul Fata Petekeyan, Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dengan pihak terkait dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) materi tahfidz al-Qur'an di kelas unggulan di kelas X Tahfidz dan kelas XI Tahfidz dengan menggunakan kurikulum nasional dan mengintegrasikan kurikulum tahfidz dalam mata pelajaran Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia Bahasa, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Matematika, Sejarah, Geografi, Ekonomi, Sosiologi, Seni Budaya, Pendidikan Jasmani, Orkestra, Teknologi Informasi & Komunikasi, Keterampilan (LEC), Konten Lokal, dan Pengembangan Pribadi; 2) Pembelajaran tahfidz al-Qur'an di kelas unggulan di MA NU Nahdlatul Fata diajarkan oleh pendidik yang kompeten dan profesional di bidangnya sehingga pembelajaran di pagi hari dapat dimaksimalkan secara rutin dan intensif dengan menerapkan model pembelajaran Wahdah yaitu metode menghafal Al-Qur'an dengan menghafal satu per satu ayat-ayat Alquran dan model Muroja'ah yang berulang, yaitu metode menghafal Alquran dengan mengulangi hafalan yang pernah dihafal agar hafalan tetap utuh. Hasil penelitian ini diharapkan mampu menjawab rumusan masalah tujuan, materi pelajaran, pembelajaran pengajian Alquran kelas unggulan dan sistem evaluasi mata pelajaran pengajian Alquran di kelas unggulan di MA NU Nahdlatul FATA Desa Petekeyan Kecamatan Tahunan Jepara Kabupaten.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr.H.Sa'adullah Assa'idi,M.Ag. Pembimbing II : Dr.H.Subaidi,M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Kurikulum, Tahfidz, Kelas Unggulan |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an) 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 20 Jan 2022 08:11 |
Last Modified: | 20 Jan 2022 08:11 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1859 |