HISYAM, 172610000530 (2019) PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP PERILAKU BERAGAMA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH SE KECAMATAN MARGOYOSO. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
172610000530_COVER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
172610000530_BAB I.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
172610000530_BAB II.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
172610000530_BAB III.pdf - Published Version
Download (476kB) | Preview
172610000530_BAB IV.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
172610000530_BAB V.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
172610000530_Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Pebentukan dan pengembangan perilaku beragama bukan hanya tanggung jawab orang tua, tetapi lembaga pendidikan juga memiliki peran yang sangat penting. Guru sebagai teladan bagi siswa sudah seharusnya memiliki kepribadian yang patut dijadikan panutan. Maka dari itu, guru harus memiliki kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) adakah pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap perilaku beragama siswa di Madrasah Tsanawiyah se Kecamatan Margoyoso?; 2) adakah pengaruh kompetensi sosial guru di Madrasah Tsanawiyah se Kecamatan Margoyoso?; dan 3) adakah pengaruh kompetensi kepribadian guru dan kompetensi sosial guru secara bersama-sama terhadap perilaku beragama siswa di Madrasah Tsanawiyah se Kecamatan Margoyoso?
Penelitian ini adalah penelitian korelatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah Guru dan Siswa di Madrasah Tsanawiyah se Kecamatan Margoyoso. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui angket dan observasi. Data yang dihasilkan dianalisis dengan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi berganda.
Penelitian ini menyimpulkan 1) Ada pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap perilaku beragama siswa Madrasah Tsanawiyah se Kecamatan Margoyoso sebesar 55%. Hal ini ditunjukkan oleh nilai R Square yang dihasilkan sebesar 0,550. 2) Ada pengaruh kompetensi sosial guru terhadap perilaku beragama siswa Madrasah Tsanawiyah se Kecamatan Margoyoso sebesar 63,3% Hal ini ditunjukkan oleh nilai R Square yang dihasilkan sebesar 0,633; dan 3) Ada pengaruh kompetensi kepribadian guru dan kompetensi sosial guru baik secara parsial maupun secara bersama-sama terhadap perilaku beragama siswa di Madrasah Tsanawiyah se Kecamatan Margoyoso sebesar 67,8%. Hal ini ditunjukkan oleh nilai R Square yang dihasilkan sebesar 0,678.
Penelitian ini sesuai dengan pendapat Abdullah dan Safarina yang mengatakan bahwa kepribadian guru akan menentukan seorang guru menjadi pendidik dan pembina bagi anak didiknya, baik intelegensi maupun akhlaknya. Dan bisa jadi guru sebagai penghancur masa depan peserta didiknya jika ia tidak mempunyai kepribadian.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr.H.Mustaqim,M.pd. Pembimbing II : Dr.H.Subaidi,M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial, Perilaku Keberagamaan |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 20 Jan 2022 07:40 |
Last Modified: | 20 Jan 2022 07:40 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1855 |