ST MARYATI, 172610000517 (2019) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DALAM STANDAR PROSES DAN STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN DI MI MAMBAUL ULUM LANDOH KAYEN PATI. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
172610000508_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
172610000508_BAB I.pdf - Published Version
Download (507kB) | Preview
172610000508_BAB II.pdf - Published Version
Download (488kB) | Preview
172610000508_BAB III.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
172610000508_BAB IV.pdf - Published Version
Download (453kB) | Preview
172610000508_BAB V.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
172610000508_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
8.LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (12MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan : 1). Untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan 2). Untuk mengetahui mutu pendidikan di MI Mambaul Ulum Landoh Kayen Pati.
Penelitian ini adalah bentuk penelitian lapangan (field research ) yang bersifat deskriptif kualitatif, dengan menggunakan beberapa pendekatan yakni, padagogis, sosiologis, psikologis dan manajerial. Penulis juga menggunakan beberapa insturumen untuk memperoleh data antara lain pedoman observasi, dokumentasi, dan wawancara. Jenis data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Sementara teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi mengacu kepada analisa dedukatif dan induktif dengan menggunakan beberapa metode yang relevan dengan variabel utama yang akan diteliti,sedangkan informan sebagai nara sumber adalah kepala sekolah, guru, dan peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1). Kepemimpinan yang dijalankan kepala madrasah secara umum adalah tipe kepemimpinan demokratis dimana kepala madrasah selalu mengadakan musyawarah kepada seluruh dewan guru, staf dan tata usaha dalam menetapkan setiap keputusan yang akan diambil. 2). Mutu pendidikan di Madrasah secara umum sudah memenuhi 8 Standar Nasioanal Pendidikan.
Peranan kepemimpinan kepala dalam melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab, dengan tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan melakukan pendekatan normatif atau memberikan motivasi guru untuk selalu bekerja sesuai dengan tugasnya, dengan keahlian dalam bidang studi yang diajarkan. Prosedur yang dikehendaki kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah melakukan pengawasan dengan pendekatan musyawarah, komunikasi, perencanaan, koordinasi dan evaluasi, dengan penerapan ini akhirnya semua maksud akan terwujud.
Penelitian ini memberikan implikasi bahwa menjadi pimpinan sekolah sebaiknya melaksanakan tugasnya secara transparan penuh tanggung jawab, semua kebijakan yang diambil harus transparan kepada bawahannya. Hendaknya kepala sekolah senantiasa bermusyawarah dengan bawahanya setiap sekali sebulan melakukan evaluasi. Untuk mengatasi faktor penghambat terhadap penyelenggaraan pendidikan, khususnya keberhasilan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr.H.Barowi,M.Ag. Pembimbing II : Dr.H.Subaidi,M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Peran, Kepala Madrasah, Mutu Pendidikan |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 20 Jan 2022 07:32 |
Last Modified: | 20 Jan 2022 07:32 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1852 |