KUNARSO, 172610000432 (2019) PENGARUH KUALITAS PEMBELAJARAN DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP HASIL BELAJAR FIKIH SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH SE KECAMATAN TRANGKIL KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
172610000432_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
172610000432_BAB I.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
172610000432_BAB II.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
172610000432_BAB III.pdf - Published Version
Download (455kB) | Preview
172610000432_BAB IV.pdf - Published Version
Download (929kB) | Preview
172610000432_BAB V.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
172610000432_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
Abstract
Secara umum, outcame pendidikan lebih banyak dihubungkan dengan kualitas pembelajaran yang dilakukan guru. Betapapun bagusnya suatu kurikulum (official), hasilnya sangat bergantung pada apa yang dilakukan oleh guru di dalam kelas (actual). Oleh karena itu, guru harus membekali diri dengan profesionalitas agar dapat menyelenggarakan pembelajaran yang berkualitas. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui 1) adakah pengaruh kualitas pembelajaran terhadap hasil Fikih siswa di Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati pada tahun pelajaran 2017/2018; 2) adakah pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar Fikih di Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati pada tahun pelajaran 2017/2018; dan 3) adakah pengaruh kualitas pembelajaran dan kompetensi profesional guru secara bersama-sama terhadap hasil belajar Fikih siswa di Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati pada tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian korelatif karena ingin mengetahui hubungan antara dua variabel dependen dengan satu variabel independen. Populasi penelitian ini adalah guru Fikih dan siswa Madrasan Ibtidaiyah se Kecamatan Trangkil, yang tediri dari 9 Madrasah Ibtidaiyah. Jumlah guru Fikih dari 9 Madrasah tersebut 9 guru, dan jumlah siswa 1340 siswa. Hasil penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh kualitas pembelajaran terhada hasil belajar Fikih siswa di Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati pada tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini diketahui dari analisis regresi linier sederhana yang menghasilkan persamaan Ŷ = 10,209 + 0,776X. Ini berarti hasil belajar Fikih mempunyai skor dasar sebesar 10,209, dan akan meningkat sebesar 0,776 skor, jika skor kualitas pembelajaran meningkat 1 skor. 2) Ada pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar Fikih siswa di Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati pada tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini diketahui dari analisis regresi linear sederhana yang menghasilkan persamaan Ŷ = 25,755 + 0,712X. Ini berarti hasil belajar Fikih mempunyai skor dasar sebesar 25,755, dan akan meningkat sebesar 0,712 skor, jika skor kompetensi profesional guru meningkat 1 skor. 3) Ada pengaruh kualitas pembelajaran dan kompetensi profesional guru baik secara parsial maupun secara bersama-sama terhadap hasil belajar Fikih siswa Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati pada tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini diketahui dari hasil analisis regresi linier berganda yang menghasilkan persamaan regresi Ŷ = 7,425 + 0,452X1 + 0,443X2. Hal ini berarti hasil belajar Fikih akan meningkat 0,452 poin apabila variabel kualitas pembelajaran dinaikkan satu skor, dan akan meningkat 0,433 apabila kompetensi profesional dinaikkan satu skor.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr.H.Mustaqim,M.Pd. Pembimbing II : Dr.H.Subaidi,M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pembelajaran, Kompetensi Profesional Guru, Hasil Belajar Fikih |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 20 Jan 2022 07:20 |
Last Modified: | 20 Jan 2022 07:20 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1846 |