AHMAD MASHUN, 172610000427 (2019) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH SE KECAMATAN MARGOYOSO KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
172610000427_COVER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
172610000427_BAB I.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
172610000427_BAB II.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
172610000427_BAB III.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
172610000427_BAB IV.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
172610000427_BAB V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
172610000427_Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
Abstract
Guru sebagai pengelola pembelajaran memiliki peran penting dalam menciptakan kualitas pembelajaran. Kualitas pembelajaran dipengaruhi oleh profesionalitas guru dalam mengelola pembelajaran. Karena itu, guru harus memiliki kompetensi mengelola pembelajaran, yaitu kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap kualitas pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah se Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2018/2019; 2) pengaruh kompetensi profesional guru terhadap kualitas pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah se Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2018/2019; dan 3) pengaruh kompetensi pedaogik dan kompetensi profesional guru secara bersama-sama terhadap kualitas pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah se Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan penelitian korelatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang diperlukan digali melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah guru SKI dan Aqidah Akhlak Madrasah Tsanawiyah se wilayah Kecamatan Margoyoso yang berjumlah 50 guru.
Hasil penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap kualitas pembelajaran di MTs. se Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati pada tahun pelajaran 2018/2019 sebesar 25%. Hal ini diketahui dari nilai R Square yang dihasilkan sebesar 0,250; 2) Ada pengaruh kompetensi profesional guru terhadap kualitas pembelajaran di MTs. se Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati pada tahun pelajaran 2018/2019 sebesar 32,30%. Hal ini diketahui dari nilai R Square yang dihasilkan sebesar 0,323; dan 3) Ada pengaruh kompetensi pedagogik guru dan kompetensi profesional guru baik secara parsial maupun secara bersama-sama terhadap kualitas pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah se Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati pada tahun pelajaran 2018/2019 sebesar 43,4%. Hal ini diketahui dari nilai Adjusted R Square yang dihasilkan sebesar 0,434.
Hasil penelitian ini sesuai dengan pendapat Mulyasa yang menyatakan bahwa guru sangat menentukan keberhasilan peserta didik, terutama dalam kaitannya dengan proses belajar-mengajar, serta merupakan komponen yang paling berpengaruh terhadap terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Faktor guru tersebut mencakup semua kompetensi keguruan, termasuk kompetensi pedagogik maupun kompetensi profesional guru.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr.H.Barowi,M.Ag. Pembimbing II : Dr.H.Moh.Nasuka,M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Pedagogik Guru, Kompetensi Profesional Guru, Kualitas Pembelajaran |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Pedagogi 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 20 Jan 2022 07:13 |
Last Modified: | 20 Jan 2022 07:13 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1843 |