NUR AHMAD STIANSYAH, 141310003105 (2021) PEMBINAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI RUMAH TAHANAN NEGARA KELAS IIB JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
1. 141310003105 - HALAMAN COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. 141310003105 - BAB I.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
3. 141310003105 - BAB II.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
4. 141310003105 - BAB III.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
5. 141310003105 - BAB IV.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
6. 141310003105 - BAB V.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
7. 141310003105 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
8. 141310003105 - LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk: 1) Untuk menjelaskan pembinaan pendidikan agama Islam di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Jepara pada saat ini, 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembinaan Pendidikan Agama Islam di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Jepara.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif yaitu penelitian yang memberikan gambaran yang luas dan menyeluruh dari objek yang diteliti. Pendekatan penelitian kualitatif merupakan penelitian yang dilakukan untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang permasalahan manusia dan sosial, bukan hanya mendeskripsikan bagian permukaan dari suatu kenyataan dan dilakukan dengan latar (setting) yang alamiah bukan hasil dari suatu perlakuan atau manipulasi variabel yang dilibatkan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian deskriptif yaitu berupa kata-kata atau gambar dan tidak menekankan pada angka-angka karena pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat 3 hal pokok yang menjadi bentuk pembinaan terhadap narapidana, diantaranya: a. Sholat fardhu berjamaah, b. Pengajian, dan c. Maulid Nabi Muhammad SAW. 2) Tujuan pembinaan pendidikan Islam di rumah tahanan Negara kelas IIB Jepara, yaitu: a. Memberi bekal Agama kepada narapidana, b. Merubah narapidana menjadi lebih baik, dan c. Mendekatkan narapidana kepada Allah SWT. 3) Faktor pendukung, yaitu: a. Motivasi narapidana dalam mengikuti kegiatan pembinaan pendidikan Islam cukup besar, b. Materi yang disampaikan dalam kegiatan pembinaan pendidikan Islam beragam, dan c. Harapan narapidana untuk bertaubat dan dapat diterima kembali di masyarakat setelah keluar dari rutan. 4) Faktor penghambat, yaitu: a. Adanya jadwal pembinaan pendidikan Islam yang berbarengan dengan kegiatan lain, b. Petugas dari Kementrian Agama Kabupaten Jepara (pemari) berhalangan hadir/izin, dan c. Materi yang disampaikan terkadang kurang menarik bagi narapidana.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Eka Setya Budi, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Pembinaan Pendidikan Islam di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Jepara. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial > 365 Penjara dan Lembaga Permasyarakatan 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.9 Pendidikan Khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 20 Jan 2022 07:11 |
Last Modified: | 20 Jan 2022 07:11 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1839 |