NURUS SALAM, 141310003120 (2021) PERAN KEPEMIMPINAN KIAI SEBAGAI KEPALA MADRASAH DI MTS MIFTAHUL HUDA BULUNGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
141310003120_COVER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
141310003120_BAB I.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
141310003120_BAB II.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
141310003120_BAB III.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
141310003120_BAB IV.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
141310003120_BAB V.pdf - Published Version
Download (512kB) | Preview
141310003120_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (728kB) | Preview
141310003120_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
Abstract
Latar belakang penyusunan skripsi ini adalah besarnya keingintahuan rahasia manajerial kepemimpinan kepala madrasah dibalik keberhasilan MTs Miftahul Huda Bulungan dalam penerimaan siswa baru dan prestasi guru yang diperoleh. Kemudian terdapat keunikan yaitu MTs Miftahul Huda Bulungan memiliki kepala madrasah seorang kiai yang tentunya perlu penyesuaian antara kepemimpinan lembaga formal dan nonformal.Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk menganalisis sejauhmana kinerja kepemimpinan Kepala Madrasah sebagai Kiai di MTs Miftahul Huda Bulungan 2) Untuk mendeskripsikan kepemimpinan Kepala Madrasah yang efektif di MTs Miftahul Huda Bulungan. Dalam penelitian ini ruang lingkup yang dibahas adalah aspek efektivitas seorang kiai yang menjadi kepala Madrasah, dilihat dari pola kepemimpinan, kinerja yang dicapai dan peran kepala madrasah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah. Informan dari penelitian ini adalah Kepala TU, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, wakil kepala sekolah bagian kesiswaan, staf TU dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Kepemimpinan seorang Kiai yang menjadi Kepala Madrasah memiliki peran penting bagi kemajuan MTs Miftahul Huda Bulungan, diantaranya sebagai educator (pendidik), manajer, administrator, supervisor, leader (pemimpin), inovator, dan motivator. 2) Kepemimpinan Kepala Madrasah dari unsur Kiai pesantren adalah efektif mengingat kekharismaan seorang Kiai sangat membantu kinerja seorang pemimpin dalam memotivasi staf, karyawan, guru dan siswa dalam mencapai tujuan lembaga.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Alex Yusron Al Mufti, S.Ag., M.S.I |
Uncontrolled Keywords: | Peran, Kepemimpinan Kiai, Kepala Madrasah |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 300 Sosiologi dan Antropologi > 303 Proses Sosial > 303.34 Leadership/Kepemimpinan 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 20 Jan 2022 06:57 |
Last Modified: | 20 Jan 2022 06:57 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1834 |