ULIN NUHA FAHRIZAL, 141110001357 (2021) PENGARUH PENGINDERAAN PASAR, INOVASI PRODUK, DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN (Studi Pada IKM Tenun Ikat Troso Jepara). Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
141110001357_ COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
141110001357_ BAB I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
141110001357_ BAB II.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
141110001357_ BAB III.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
141110001357_ BAB IV.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
141110001357_ BAB V.pdf - Published Version
Download (922kB) | Preview
141110001357_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (913kB) | Preview
141110001357_ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
Abstract
Tanggal Ujian : Jeoara, 08 September 2021
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan bisnis IKM Tenun Ikat Troso yang diketahui penyebarnya unit furniture di Jepara yang semakin meningkat. Industri Tenun ikat menjadi sumber utama masyarakat Jepara dalam memenuhi kebutuhan perekonomian.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penginderaan pasar, inovasi produk, dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran pada usaha furniture di Jepara, dengan mengambil sampel responden melalui pelaku usaha furniture Jepara sebanyak 98 IKM. Jumlah sampel tersebut diambil menggunakan teknik Proporsional Random Sampling pengambilan secara acak.Variabel Independen penelitian ini adalah penginderaan pasar (X1), inovasi produk (X2), dan orientasi kewirausahaan (X3) serta kinerja pemasaran sebagai Variabel Dependen (Y).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel orientasi kewirausahaan dan inovasi produk berpengaruh positif. Sedangkan variabel orientasi kewirausahaan tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran, dengan Nilai signifikan 0,390 lebih besar dari > 0,025 (α = alpha). Hasil uji secara parsial memiliki nilai t hitung (-0,864) lebih kecil dari < t tabel (1,98552). Sedangkan secara simultan Variabel orientasi kewirausahaan, inovasi produk, dan kapabilitas penginderaan pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Dengan uji statistik Fhitung dengan nilai Ftabel yaitu 12,994 > 2,47, untuk nilai signifikan 0,000 < 0,025. Nilai koefisien Determinasi dalam penelitian ini yaitu 0,293. Hal ini berarti kemampuan variabel independen dalam menjelaskan variabel dependen sebesar 29,3%, sedangkan sisanya 70,7% dijelaskan faktor lain diluar penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : HJ. Nurul Komariyatin, S.E., M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Penginderaan Pasar, Kinerja Pemasaran |
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Manajemen Bisnis > 658 Manajemen Umum > 658.81 Manajemen Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 04:28 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 04:28 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1826 |