JIVI RUNIA, 172610000377 (2019) MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MTS DARUL FALAH SIRAHAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
172610000377_COVER.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
172610000377_BAB I.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
172610000377_BAB II.pdf - Published Version
Download (15MB) | Preview
172610000377_BAB III.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
172610000377_BAB IV.pdf - Published Version
Download (20MB) | Preview
172610000377_BAB V.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
172610000377_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
Lampiran-lampiran.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Proses pembinaan peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler mempunyai peranan penting dalam pengembangan karakter peserta didik. Hal ini dikarenakan kegiatan ekstrakurikuler merupakan wahana penyaluran bakat dan minat yang berfungsi untuk mengembangkan potensi, kemampuan, kepribadian, kerjasama, dan kemandirian peserta didik secara optimal dalam rangka mendukung pencapaian tujuan pendidikan. Fokus penyusunan tesis ini adalah adanya manajemen kegiatan ekstrakurikuler dalam pengembangan karakter peserta didik di MTs Darul Falah Sirahan Tahun 2017/2018, yaitu: (1) bagaimana perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian, dan evaluasi kegiatan ekstrakurikuler dalam mengembangkan karakter peserta didik di MTs Darul Falah Sirahan Tahun 2017/2018? (2) apa saja faktor pendukung dan penghambat manajemen kegiatan ekstrakurikuler dalam pengembangan karakter peserta didik di MTs Darul Falah Sirahan Tahun 2017/2018?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subyek penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum, waka kesiswaa, guru/pembina kegiatan ekstrakurikuler. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi dan member check. Proses analisa data dilakukan dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) manajemen kegiatan ekstrakurikuler dalam pengembangan karakter peserta didik di MTs Darul Falah Sirahan Tahun Pelajaran 2017/2018 meliputi: pertama, perencanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam pengembangan karakter peserta didik dilaksanakan dalam bentuk penyususan program kegiatan ekstrakurikuler yang selanjutnya dijadikan acuan dalam pelaksanaanya, kedua, pengorganisasian kegiatan ekstrakurikuler dalam pengembangan karakter peserta didik secara keseluruhan terpadu dengan proses penentuan sumber daya, pembagian tugas, ditetapkan dengan SK Kepala Madrasah, membuat kesepakatan menanamkan nilai karakter melalui kegiatan rutin, keteladanan, tindakan spontan dan pengkondisian, ketiga, pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam pengembangan karakter peserta didik dengan mengelompokkan kegiatan ekstrakurikuler menjadi dua yaitu wajib dan pilihan, keempat, evaluasi kegiatan ekstrakurikuler dalam pengembangan karakter peserta didik adalah hasil yang ditetapkan atau juara yang diraih oleh madrasah; 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam manajemen kegiatan ekstrakurikuler dalam pengembangan karakter peserta didik di MTs Darul Falah Sirahan Tahun 2017/2018 meliputi: faktor pendukung, sarana/prasarana, dana, peserta didik, dan guru/pembina yang kompeten, faktor penghambat, motivasi dan kehadiran peserta didik, kekurangan dana, faktor cuaca.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr.H.Barowi,M.Ag Pembimbing II : Dr.H.Subaidi,M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Kegiatan Ekstrakurikuler, pengembangan Karakter, peserta didik |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.8 Siswa, Murid, Pelajar (kegiatan ekstrakulikuler) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 04:15 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 04:15 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1812 |