Search for collections on Publications

MANAJEMEN KOMITE SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU SMK SE-KABUPATEN PATI SELATAN

ANIK PUJI HANDAYANI, 172610000522 (2019) MANAJEMEN KOMITE SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU SMK SE-KABUPATEN PATI SELATAN. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 172610000522_COVER.pdf]
Preview
Text
172610000522_COVER.pdf - Published Version

Download (736kB) | Preview
[thumbnail of 172610000522_BAB I.pdf]
Preview
Text
172610000522_BAB I.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of 172610000522_BAB II.pdf]
Preview
Text
172610000522_BAB II.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[thumbnail of 172610000522_BAB III.pdf]
Preview
Text
172610000522_BAB III.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 172610000522_BAB IV.pdf]
Preview
Text
172610000522_BAB IV.pdf - Published Version

Download (370kB) | Preview
[thumbnail of 172610000522_BAB V.pdf]
Preview
Text
172610000522_BAB V.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 172610000522_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
172610000522_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8. LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan perencanaan program komite sekolah di SMK se- Kabupaten Pati Selatan. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan program komite sekolah di SMK se- Kabupaten Pati Selatan. 3) Memahami evaluasi program komite sekolah di SMK se- Kabupaten Pati Selatan. 4) Menganalisis Faktor pendukung dan penghambat manajemen komite sekolah dalam meningkatkan kinerja di SMK se- Kabupaten Pati Selatan.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian ini berbasis pada field research (penelitian lapangan). Adapun lokasi penelitian dilakukan pada SMK yang ada di wilayah Kabupaten Pati Selatan. Adapun teknik pengumpulan data penelitian yang dipergunakan adalah metode observasi, interview, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus pada setiap tahapan penelitian sehingga sampai tuntas, dan datanya sampai jenuh.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan program komite sekolah di SMK Se-Kabupaten Pati Selatan dilakukan adalah bentuk langkah komite sekolah dalam menyusun program komite dengan berdasarkan analisis kebutuhan. 2) Pelaksanaan program komite sekolah di SMK Se-Kabupaten Pati Selatan mengacu pada kerangka dasar program kerja komite sekolah yang berlandaskan pada AD/ART Komite sekolah dengan menjalankan roda organisasi melalui berbagai kegiatan. 3) Evaluasi program komite sekolah di SMK Se-Kabupaten Pati Selatan dilakukan secara berkala dalam hal ini komite sekolah berperan aktif dalam mengevaluasi semua kinerja pengelola SMK Se-Kabupaten Pati Selatan. Ada dua evaluasi yang dilakukan oleh komite sekolah terhadap peningkatan mutu pendidikan, yaitu evaluasi kondisional dan evaluasi tahunan. 4) Faktor pendukung manajemen komite sekolah dalam meningkatkan kinerja di SMK Se-Kabupaten Pati Selatan meliputi: (a) sumber daya perpustakaan, (b) administrasi, (c) manajemen. Sedangkan kelemahan eksternal adalah hambatan dan kesulitan yang berada di luar sekolah, yakni yang dihadapi dan dirasakan oleh siswa. Faktor penghambat meliputi: (a) kurangnya perlengkapan sarana dan prasarana yang disediakan oleh sekolah, (b) minimnya dana yang dimiliki oleh sekolah, (c) kurangnya motivasi dari pihak sekolah dan kuragnya kesadaran dari pihak siswa.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr.H.Mustaqim,M.Pd. Pembimbing II : Dr.H.Subandi,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Komite Sekolah, Kinerja Guru
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 19 Jan 2022 04:11
Last Modified: 19 Jan 2022 04:11
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1809

Actions (login required)

View Item
View Item