SUTARNO, 172610000482 (2019) STRATEGI PEMBELAJARAN TAHFIDZU AL-QUR’AN DI PONDOK TAHFIDH PUTRI ANAK-ANAK YANAABII’UL QUR’AN SAMBENG KARANGMALANG GEBOG KUDUS. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
172610000482_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
172610000482_BAB I.pdf - Published Version
Download (635kB) | Preview
172610000482_BAB II.pdf - Published Version
Download (541kB) | Preview
172610000482_BAB III.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
172610000482_BAB IV.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
172610000482_BAB V.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
172610000482_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
8. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini: 1) Untuk mengetahui strategi pembelajaran tahfidzul qur’an di Pondok Tahfidh Putri Anak-anak Yanabii’ul Qur’an Karangmalang Gebog Kudus 2) Untuk mengetahui hambatan- hambatan yang dihadapi dalam tahfidzul qur’an di Pondok Tahfidh Putri Anak-anak Yanabii’ul Qur’an Karangmalang Gebog Kudus 3) Untuk mengetahui solusi apa saja yang dilakukan dalam tahfidzul qur’an di Pondok Tahfidh Putri Anak-anak Yanabii’ul Qur’an Karangmalang Gebog Kudus.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Tahfidh Putri Anak-anak Yanabii’ul Qur’an Karangmalang Gebog Kudus. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Februari sampai bulan Agustus 2019. Subjek dari penelitian ini adalah Kyai Pondok Pesantren. Informan dari penelitian ini adalah asatidz, dan santri. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa : Pertama, Strategi Pembelajaran Tahfidzul Qur’an yang dilakukan Pondok Tahfidh Putri Anak-anak Yanabii’ul Qur’an Karangmalang Gebog Kudus adalah: a) mushafahah (face to face), yaitu umpan balik antara guru dan murid. b) takrir, yaitu hafalan dengan bimbingan guru dan disetorkan kepada guru. c) muroja’ah, yaitu dengan mengulang hafalan bersama-sama santri yang lain. d) mudarosah, yaitu, santri menghafal dengan bergantian dengan teman yang lain. e) tes yaitu, tes hafalan untuk mengetahui kelancaran hafalan santri. Kedua, hambatan-hambatan yang dihadapi meliputi: a) Santri maupun guru terkadang berhalangan/sakit. b) Santri ada yang suka bermain dan malas menghafal. c) Wali santri tidak ikut memperhatikan hafalan santri pada masa liburan. d) Pergantian guru yang berakibat pada penyesuaian kembali terhadap guru kelompok yang baru. e) Wali santri yang sering menjenguk putrinya tidak pada waktu sambangan. f) Santri yang merajuk/ngambek tidak mau mengaji akibat ingat orang tua. g) Terpengaruh lingkungan luar, akibat izin pulang tidak pada waktu perpulangan. Ketiga, Solusi yang dilakukan antara lain: a) Memberikan fasilitas pemeriksaan kesehatan secara intensif. b) Mengatur jadwal pembelajaran yang baik. c) Mengingatkan wali santri lewat WA agar pengawasan anak di rumah benar-benar diperhatikan. d) Mengupayakan setiap ada guru yang mutasi disiapkan guru cadangan. e)Tidak memperkenankan wali santri berkunjung ke pondok selaian waktu sambangan. f) Menasehati dengan penuh kasih sayang oleh guru dan murobbi. g). Membatasi santri diajak pulang selain hari perpulangan dengan membuat aturan kesepakatan dengan wali santri lewat komite pondok.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr.H.Sa'adullah Assa'idi,M.Ag. Pembimbing II : Dr.H.Subaidi,M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Pembelajaran, Pondok Pesantren, Tahfidz |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an) 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 03:11 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 03:11 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1805 |