DWI CAHYO HANDOKO, 141310003116 (2021) KOMPETENSI GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS X DI MAN 1 JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
1. 141310003116_COVER.pdf - Published Version
Download (843kB) | Preview
2. 141310003116_BAB I.pdf - Published Version
Download (484kB) | Preview
3. 141310003116_BAB II.pdf - Published Version
Download (472kB) | Preview
4. 141310003116_BAB III.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
5. 141310003116_BAB IV.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
6. 141310003116_BAB V.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
7. 141310003116_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
8. 141310003116_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (540kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas Guru dalam penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran Aqidah Akhlak dan faktor pendukung serta penghambat kreativitas Guru dalam penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas X di MAN 1 Jepara.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Yaitu penelitian yang prosedurnya menghasilkan data deskriptif, berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau pelaku yang diamati. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Adapun analisis data kualitatif menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan
Mata pelajaran Aqidah Akhlak merupakan salah satu mata pelajaran yang apabila diterapkan dengan baik dan benar mampu memberikan dampak bukan hanya pengetahuan saja namun berhubungan dengan sikap, keterampilan dan pengetahuan kepada peserta didik. Untuk mewujudkan tujuan dan fungsi dari mata pelajaran Aqidah Akhlak, tentu seorang pendidik memerlukan suatu kompetensi ataupun keterampilan dari seorang pendidik dalam kegiatan proses pembelajaran agar tercapainya tujuan pembelajaran. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa:
(1) Analisis kompetensi Guru dalam penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas X di MAN 1 Bawu Jepara yaitu: Penggunaan media pembelajaran yang variatif, Guru sudah membuat dan menyiapkan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), Guru harus pandai-pandai membuat situasi dan kondisi yang efektif dan menyenangkan dalam pembelajaran, Guru harus bisa memahami kemampuan yang dimiliki oleh setiap peserta didik.
(2) Faktor pendukung kompetensi Guru dalam penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas X di MAN 1 Bawu Jepara adalah: Kualitas guru yang berkompeten sesuai dengan bidang mata pelajaran yang diampu oleh guru, Sarana dan prasarana yang memadai di MAN 1 Jepara, Kemampuan guru dalam memilih dan menggunakan media pembelajaran.
(3) Faktor penghambat kompetensi Guru dalam penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas X di MAN 1 Bawu Jepara adalah:Guru sudah menyiapkan RPP tetapi guru terkadang lupa untuk menyiapkan metode dan media pembelajaran alternatif (cadangan), Guru yang kesusahan dalam mengkondisikan kelas dikarenakan para siswa yang terkadang merasa gampang bosan dalam mengikuti pembelajaran dikelas, Kemampuan guru dalam menciptakan kreativitas penggunaan media pembelajaran sudah bagus, tetapi harus lebih ditingkatkan lagi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Eka Setya Budi, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Guru, Media Pembelajaran dan Aqidah Akhlak |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X5.1 Akhlak (Akhlaq) 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 02:40 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 02:40 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1786 |