AINUL FAIZ, 141310003078 (2021) METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN KRISTEN (Studi Kasus di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Bondo dan Sekolah Minggu El-Shadai Jerukwangi). Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
1. 141310003078_COVER .pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. 141310003078_BAB I.pdf - Published Version
Download (651kB) | Preview
3. 141310003078_BAB II .pdf - Published Version
Download (501kB) | Preview
4. 141310003078_BAB III.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
5. 141310003078_BAB IV.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
6. 141310003078_BAB V.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
7. 141310003078_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
8. 141310003078_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (514kB) | Preview
Abstract
Metode pembelajaran merupakan cara yang digunakan dalam proses belajar mengajar untuk menyampaikan materi pembelajaran dari seorang guru kepada siswa dalam rangka pencapaian tujuan yang diharapkan. Dalam penelitian ini ada dua rumusan masalah. Pertama, bagaimana metode pembelajaran agama Islam di madin Miftahul Ulum desa Bondo Kecamatan Bangsri kabupaten Jepara. Kedua, Bagaimana metode pembelajaran agama Kristen di Sekolah Minggu El-Shadai Desa Jerukwangi Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan metode pembelajaran agama Islam di madin Miftahul Ulum desa Bondo Kecamatan Bangsri kabupaten Jepara dan menjelaskan metode pembelajaran agama Kristen di Sekolah Minggu El-Shadai Desa Jerukwangi Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dan metode penelitian ini di tekankan pada penelitian studi kasus tentang metode pembelajaran agama Islam di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Bondo dan Sekolah Minggu El-Shadai Jerukwangi. Yaitu, suatu tipe pendekatan dalam penelitian yang penelaahannya kepada satu kasus yang dilakukan secara intensif, mendalam, mendetail dan komprehensif. Dalam menganalisa data, peneliti menggunakan teknik deskripsi analitik, yaitu dengan cara mengumpulkan data-data yang diperoleh baik berupa gambar atau kata-kata, hasil analisa berupa pemaparan gambaran mengenai situasi yang diteliti dalam bentuk uraian narasi.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum dan di Sekolah Minggu El-Shadai menggunakan metode pembelajaran yang beragam diantaranya metode cerita, metode ceramah, metode menghafal yangdisesuaikan dengan materi pelajaran yang akan di sampaikan maka menuntut seorang pendidik untuk bisa memilih dan memperhatikan model yang akan digunakan, secara terkonsep dan terprogram dan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Ahmad Saefudin, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran, Pendidikan Agama, Madrasah Diniyah, dan Sekolah Minggu. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.9 Pendidikan Khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 02:39 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 02:39 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1785 |