HANIK MARIYATUL KIPTIYAH, 141310003133 (2021) STUDI KOMPARASI ANTARA APLIKASI MEDIA CETAK DENGAN MEDIA ELEKTRONIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR FIQIH KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 2 BAWU BATEALIT JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
1. 141310003133_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. 141310003133_BAB I.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
3. 141310003133_BAB II.pdf - Published Version
Download (436kB) | Preview
4. 141310003133_BAB III.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
5. 141310003133_BAB IV.pdf - Published Version
Download (497kB) | Preview
6. 141310003133_BAB V.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
7. 141310003133_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
8. 141310003133_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1. Hasil prestasi belajar dengan menggunakan media cetak, 2. Hasil prestasi belajar dengan menggunakan media elektronik, 3. Komparasi prestasi belajar antara aplikasi media cetak dan media elektronik dalam pembelajaran fiqih.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menekankan analisisnya pada numerical (angka) yang diolah dengan metoda statistika. Subyek penelitian adalah siswa kelas VA dan VB MIN 2 Bawu Batealit Jepara. Tehnik pengambilan data menggunakan tehnik observasi, dokumentasi, dan wawancara/interview.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa,1). persentase hasil prestasi belajar mata pelajaran fiqih untuk siswa kelas V A dengan menggunakan media cetak yaitu 82 %, 2). persentasehasil prestasi belajar mata pelajaran fiqih untuk siswa kelas VB menggunakan media elektronik yaitu 90 %, 3). Uji t hitung yang telah dihitung kemudian dibandingkan dengan t tabel dengan dk = n1+ n2-2= 38 + 38 - 2 = 74. Dengan dk 76 dan taraf kesalahan 5 %, maka t tabel = 1,99254 (uji dua pihak dan dengan interpolasi). Dalam hal ini berlaku ketentuan bahwa, bila t hitung lebih kecil atau sama dengan t tabel, maka Ho ditolak. Ternyata t hitung lebih kecil daripada t tabel (t hit 5,18612>t tabel1,99254), dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya terdapat perbedaan hasil prestasi belajar fikih yang signifikan berdasarkan penggunaan media pembelajaran terhadap media cetak maupun media elektronik di MIN 2 Bawu Batealit Jepara.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Dr. Achmad Slamet, M.S.I. |
Uncontrolled Keywords: | Media Cetak, Media Elektronik, dan Komparasi. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 02:10 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 02:10 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1778 |