M.TAUFIQUL HUDA, 151310003450 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERBASIS KARAKTER UNTUK SISWA KELAS 7 MTS MAMBAUL ULUM MAMBAK PAKIS AJI TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
151310003450_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
151310003450_BAB I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
151310003450_BAB II.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
151310003450_BAB III.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
151310003450_BAB IV.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
151310003450_BAB V.pdf - Published Version
Download (907kB) | Preview
151310003450_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (606kB) | Preview
151310003450_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui kebutuhan media komik dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam berbasis karakter untuk siswa kelas 7 MTs Mambaul Ulum. (2) Untuk mengetahui pengembangan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam berbasis karakter melalui media komik untuk siswa kelas 7 di MTs Mambaul Ulum. (3) Untuk mengetahui kualitas media hasil pengembangan komik pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam berbasis karakter untuk siswa kelas 7 MTs Mambaul Ulum.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan desain pre-experimental design model One Group Pretest-Postest Design.Tahapan dalam penelitian ini yaitu potensi dan permasalahan, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi produk, uji coba produk dan produk akhir. Teknik pengumpulan datya yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan non tes meliputi observasi,wawancara, kuesioner dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru, siswa kelas 7 MTs Mambaul Ulum Mambak memiliki rata-rata nilai belajar pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yakni 65 dan belum mencapai KKM yang telah ditentukanyaitu sebesar 70, Media yang digunakan terbatas pada media buku saja. Siswa pada dasarnya memiliki kepribadian yang aktif, tetapi karena tidak ada penunjang keaktifan tersebut,siswa sering ramai dan bermain sendiri sehingga kurang memperhatikan pembelajaran.
Penilaian dari ahli media maupun ahli materi menunjukkan media pembelajaran komik layak sebagai media pembelajaran dengan melakukan revisi berdasarkan saran ahli. Presentase kelayakan yang diberikan oleh ahli yaitu 89.5%. Hasil uji coba menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 50% yaitu rata-rata hasil belajar pretest siswa adalah 69 dan rata-rata postest adalah 89. Pengujian t-test menunjukkan hasil signiikasi 0,000< 0,005,sehingga penggunaan media pembelajaran komik eekti dalam pembelajaran. Dan dilihat dengan analisis t tabel menunjukkan t hitung (7,673) > t tabel (2,0369) menunjukkan signifikan, sehingga media komik pada mata pelajaran Sejarah Kebdayaan Isalam eekti digubakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Nusrotus Sa’diyah,M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar,Komik,Media Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X9 Sejarah Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 02:07 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 02:07 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1774 |