DIANA FASIHUL LISAN, 151310003309 (2021) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP NEGERI 1 KELING JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
151310003309_COVER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
151310003309_BAB I.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
151310003309_BAB II.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
151310003309_BAB III.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
151310003309_BAB IV.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
151310003309_BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
151310003309_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
151310003309_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas VIIIA di SMP Negeri 1 Keling Jepara (2) menjelaskan faktor pendukung dan penghambat kurikulum 2013 pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam Kelas VIII A di SMP Negeri 1 Keling Jepara.
Penelitian ini termasuk penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, Penelitian kualitatif yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa saja yang dialami oleh subjek penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara/ Interview, observasi dan dokumentasi.
Temuan penelitian ini menunjukkan dalam merancang pembelajaran guru telah dengan baik menguasai prinsip-prinsip dalam merancang RPP Kurikulum 2013 dengan baik. Guru dapat melakukan pembelajaran dengan berbagai pendekatan dengan baik, melakukan penilaian yang mencakup kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan siswa dan mengatasi permasalahan-permasalahan yang selama ini dialami dalam implementasi Kurikulum 2013. Faktor pendukung kurikulum 2013 pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam Kelas VIII A di SMP Negeri 1 Keling yaitu, 1) kepemimpinan kepala sekolah, terutama dalam mengoordinasi, menggerakan, dan menyelaraskan semua sumber daya pendidikan yang tersedia, kreativitas guru dan aktif mengikuti sosialisasi, workshop, dan seminar, fasilitas dan sumber belajar dan Lingkungan yang Kondusif. Faktor penghambat yaitu peserta didik, karena tidak semua siswa bisa bersikap aktif tapi ada juga siswa yang malas, Proses penilaian belum menggunakan alat atau teknik penilaian yang tepat dan penilaian belum dilaksanakan secara objektif karena tidak semua guru siap mengimplementasikan kurikulum 2013, terjadi perubahan kebijakan oleh pemerintah mengenai kurikulum yang dijalankan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Santi Andriani, S.Pd.I., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), Implementasi kurikulum 2013. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 02:06 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 02:06 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1772 |