EDI SUHARTO, 182610000569 (2020) SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU (Studi Kasus Pada SMA Se-Kecamatan Wedung Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2019/2020). Tesis thesis, UNISNU Jepara.
1. 182610000569_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. 182610000569_BAB I.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
3. 182610000569_BAB II.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
4. 182610000569_BAB III.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
5. 182610000569_BAB IV.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
6. 182610000569_BAB V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. 182610000569_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
8. 182610000569_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pentingnya peningkatan kinerja guru melalui supervisi kepala sekolah pada SMA Se-Kecamatan Wedung Kabupaten Demak tahun pelajaran 2019/2020.
Rumusan masalah penelitian ini terdiri dari 1) Bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Se-Kecamatan Wedung Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2019/2020? 2) Faktor-faktor apa sajakah yang menjadi pendukung dan penghambat kinerja guru di SMA SMA Se-Kecamatan Wedung Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2019/2020? 3) Sejauh mana hasil peningkatan kinerja guru melalui supervisi kepala sekolah pada SMA Se-Kecamatan Wedung Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2019/2020?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi kepala sekolah ialah 1) Perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Se-Kecamatan Wedung Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2019/2020. Perencanaan supervisi dilakukan dengan cara menyiapkan instrumen dan menyiapkan jadwal. 2) Faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat kinerja guru di SMA Se-Kecamatan Wedung Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2019/2020. Faktor Pendukung : tingkat pendidikan guru, keribadian dan dedikasi, kemampuan mengajar, kedisiplinan, sarana dan prasarana, jaminan kesejahteraan, kemampuan manajerial kepala sekolah, hubungan dengan masyarakat. Faktor Penghambat : kurangnya motivasi dalam diri guru, tidak adanya dukungan dari orang tua siswa atau lingkungan.3) Hasil peningkatan kinerja guru melalui supervisi kepala sekolah pada SMA Se-Kecamatan Wedung Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2019/2020. Hasil meliputi : menguasai bahan, mengelola program belajar mengajar, mengelola kelas, menggunakan media/sumber pelajaran, menguasai landasan-landasan kependidikan, mengelola interaksi belajar mengajar, menilai prestasi siswa, mengenal fungsi dan program bimbingan dan penyuluhan, mengenal dan menyelenggarakan administrasi sekolah.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Mustaqim, M. Pd Pembimbing II : Dr. H. Muh. Nasuka, M. Pd |
Uncontrolled Keywords: | Kinerja Guru, Supervisi Kepala Sekolah |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 02:05 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 02:05 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1771 |