SITI GUSTINAH, 182610000594 (2020) LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS WALISONGO PECANGAAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
1. 182610000594_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. 182610000594_BAB I.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
3. 182610000594_BAB II.pdf - Published Version
Download (536kB) | Preview
4. 182610000594_BAB III.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
5. 182610000594_BAB IV.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
6. 182610000594_BAB V.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
7. 182610000594_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
8. 182610000594_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (611kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan karakter peserta didik melalui layanan bimbingan konseling pada Sekolah Menengah Atas walisongo Pecangaan Jepara tahun pelajaran 2019/2020
Rumusan masalah penelitian ini terdiri dari: a) bagaimanakah perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi layanan bimbingan konseling dalam pengembangan karakter peserta didik Sekolah Menengah Atas walisongo Pecangaan Jepara tahun pelajaran 2019/2020. b) sejauh mana hasil pengembangan karakter peserta didik melalui layanan bimbingan konseling Sekolah Menengah Atas walisongo Pecangaan Jepara tahun pelajaran 2019/2020
Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Obyek penelitian yang diambil dalam penelitian ini pada Sekolah Menengah Atas walisongo Pecangaan Jepara tahun pelajaran 2019/2020. Tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik wawancara,observasi dan dokumentasi sedangkan tehnik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan
Hasil penelitian ini menemukan bahwa 1) Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi layanan bimbingan konseling dalam pengembangan karakter peserta didik Sekolah Menengah Atas walisongo Pecangaan Jepara tahun pelajaran 2019/2020 yaitu merencanakan program kerja dan memperhatikan beberapa pertimbangan yang masuk dalam pelaksanaan kegiatan bimbingan dan konseling dengan mempersiapkan berbagai sarana dan prasana fisik, mempersiapkan dan melaksanakan system pencatatan (administrasi), mempersiapkan dan melaksanakan latihan bagi para pelaksana program bimbingan dan konseling. Dalam pelaksanaannya kegiatan layanan bimbingan dan konseling meliputi : Bidang Bimbingan Pribadi, Bidang Bimbingan social, Bidang Bimbingan Belajar, Bidang Bimbingan Karier adapun isi layanan bimbingan dan konseling antara lain :layanan orientasi, layanan informasi, layanan penempatan dan pembelajaran, layanan pembelajaran., layanan bimbingan kelompok, layanan konseling kelompok, layanan konseling individu dan kegitan pendukung yaitu : kunjungan rumah, himpunan data, alih tangan kasus, konfrensi kasus, kemudian dievaluasi dengan tahap penilaian proses dan penilaian hasil 2) Hasil pengembangan karakter peserta didik melalui layanan bimbingan konseling Sekolah Menengah Atas walisongo Pecangaan Jepara berdampak pada berkurangnya pelanggaran pelanggaran yang dilakukan oleh peserta didik dan bertambahnya kedisiplinan hal ini terlihat dengan peserta didik datang tepat waktu ketika berangkat ke sekolah serta peningkatan prestasi peserta didik baik dalam hal akademik maupun melalui kegiatan ekstra kurikuler, serta terselesaikannya permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik baik tentang sosial, pribadi, akademik maupun karir.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Mustaqim, M.Pd. Pembimbing II : Dr. Muhammad Khoiruddin, M. Pd. I. |
Uncontrolled Keywords: | Layanan bimbingan konseling, karakter, peserta didik |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.4 Konseling Sekolah |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 02:04 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 02:04 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1769 |