Search for collections on Publications

MANAJEMEN STRATEGIK KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH NU MIFTAHUL FALAH DAWE, KUDUS

BUSIRI A.H, 172610000468 (2020) MANAJEMEN STRATEGIK KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH NU MIFTAHUL FALAH DAWE, KUDUS. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 01. 172610000468_ COVER.pdf]
Preview
Text
01. 172610000468_ COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 02. 172610000468_BAB I.pdf]
Preview
Text
02. 172610000468_BAB I.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 03. 172610000468_BAB II.pdf]
Preview
Text
03. 172610000468_BAB II.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of 04. 172610000468_BAB III.pdf]
Preview
Text
04. 172610000468_BAB III.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 05. 172610000468_BAB IV.pdf]
Preview
Text
05. 172610000468_BAB IV.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[thumbnail of 06. 172610000468_BAB V.pdf]
Preview
Text
06. 172610000468_BAB V.pdf - Published Version

Download (28kB) | Preview
[thumbnail of 07. 172610000486_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
07. 172610000486_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 08. 172610000468_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
08. 172610000468_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, dalam dunia pendidikan selalu mengalami perubahan dan peningkatan. Namun di sisi lain, keberadaan madrasah sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam terbesar di Indonesia sampai saat ini masih dikesankan oleh sebagian masyarakat sebagai lembaga pendidikan “kelas dua”. Oleh karena itu, peran pemangku kebijakan di madrasah sangat ditentukan adanya faktor manajerial yang mumpuni, agar madrasah dapat bersaing dengan sekolah-sekolah umum unggulan lainnya. Tesis ini membahas mengenai mutu pembelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah NU Miftahul Falah Dawe Kudus. Kajiannya dilatarbelakangi oleh mutu pelaksanaan pembelajaran agama seringkali belum efektif, sehingga kualitas pembelajaran agama perlu dilaksanakan dengan baik. Selain itu, agar membantu guru dalam rangka meningkatkan kinerja dan mutu pembelajaran Fiqih yang unggul.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi peningkatakan kinerja guru maple Fiqih, implementasi manajemen strategik, dan strategi kepala madrasah dalam peningkatan pembelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah NU Miftahul Falah Dawe, Kudus. Penerapan manajemen strategik tersebut di lingkungan madrasah terdiri dari beberapa elemen, seperti perumusan strategi, implementasi strategi, evaluasi strategi, dan peningkatan mutu pembelajaran Fiqih. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, penelitian ini menggunakan teori manajemen strategik, yakni dengan cara menciptakan dan mengidentifikasi berbagai faktor dalam sebuah organisasi atau lembaga. Data yang diperoleh kemudian diolah, direduksi, diverifikasi dan dianalisis. Selanjutnya data diinterprestasikan guna menyimpulkan data lapangan dan disajikan dalam bentuk tulisan yang dapat dipertanggungjawabkan.
Madrasah Aliyah NU Miftahul Falah merupakan salah satu madrasah swasta unggulan di wilayah Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Oleh karena itu, perlu digali lebih dalam sejauh mana penerapan manajemen strategik kepala madrasah sebagai pimpinan madrasah. Secara mendalam, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Manajemen Strategik digunakan dalam upaya peningkatan mutu pembelajaran Fiqih mencakup beberapa kegiatan yang dilakukan yaitu pengembangan visi, misi, dan tujuan, identifikasi faktor internal dan eksternal melalui teknik analisis SWOT, perumusan jangka pendek, menengah, dan panjang, serta menentukan strategi unggul dalam meningkatkan pembelajaran di kelas. 2. Hasil pelaksanaan manajemen strategik yang dihasilkan di Madrasah Aliyah NU Miftahul Falah Dawe, yakni meningkatnya pembelajaran mata pelajaran keagamaan, kinerja guru meningkat, proses pembelajaran yang efektif, meningkatnya prestasi siswa, penggunaan media pembelajaran, meningkatnya standar kompetensi siswa, dan daya tarik masyarakat tinggi.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag Pembimbing II : Dr. H. Nur Khoiri, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategik, Implementasi, Peningkatan Pembelajaran, Fiqih.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 17 Jan 2022 03:56
Last Modified: 17 Jan 2022 03:56
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1751

Actions (login required)

View Item
View Item