HILMAN HAMID, 172610000521 (2020) MANAJEMEN PEMBELAJARAN KITAB TA’LIM ALMUTA’ALLIM DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYYAH NAHDLATUL ULAMA TASYWIQUTH THULLAB SALAFIYYAH KUDUS. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
1-Cover-172610000521.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
2_172610000521_BAB I.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
3_172610000521_BAB II.pdf - Published Version
Download (590kB) | Preview
4_172610000521_BAB III.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
5_172610000521_BAB IV.pdf - Published Version
Download (686kB) | Preview
6_172610000521_BAB V.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
7_172610000521_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
8_172610000521_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran kitab Ta’lim Al-Muta’allim dalam penguatan pendidikan karakter Peseta Didik di MI NU Tasywiquth Thullab Salafiyyah Kudus? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran kitab Ta’lim Al-Muta’allim dalam penguatan pendidikan karakter Peseta Didik di MI NU Tasywiquth Thullab Salafiyyah Kudus? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran kitab Ta’lim Al-Muta’allim dalam penguatan pendidikan karakter Peseta Didik di MI NU Tasywiquth Thullab Salafiyyah Kudus?
Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan (field research) yang dilaksanakan di MI NU TBS Kudus. Tempat tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan potret pendidikan karakter. Data tersebut diperoleh dengan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Semua data dianalisis dan dicek secara berkala dan berlangsung secara terus menerus, meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan dalam pembelajaran kitab Ta’lim Al-Mutallim dalam penguatan pendidikan karakter Peserta Didik di MI NU Tasywiqut Thullab Salafiyyah Kudus itu sudah baik dan mematuhi arahan pengurus, karena dalam menjaga tradisi kurikulum salaf dan pelajaran ini memang dipertahankan oleh poro romo kyai dan lebih-lebih pengurus madrasah. Perencanaan untuk saat ini seluruh guru sudah membuat perencanaan yang akan disampaikan pada pembelajaran. Untuk perencanaan dari guru sendiri sudah mengkaji terlebih dahulu dari materi kitab Ta’lim Al-Mutallim itu, kemudian adakalanya rencana itu bisa melebihi atau kurang penyampaian sesuai yang ditargetkan. (2) Pelaksanaan pembelajaran kitab Ta’lim Al-Mutallim di Madrasah Ibtida’iyyah NU Tasywiqut Thullab Salafiyyah Kudus telah berjalan dengan baik sesuai dengan standar kompetensi yang telah ditentukan. Adapun pembelajaran kitab itu dilaksanakan sesuai dengan terprogram, melalui baca kitab, memaknai gandhul, sorogan, bandongan, dan menghafal apa yang telah disampaikan dari kitab Ta’lim Al-Mutallim tersebut. Lebih-lebih menekankan pada pentingnya penanaman akhlak dan penerapan dalam kehidupan sehari-hari sebagai cara dalam penguatan dan penanaman karakter siswa dengan menerapkan akhlaq. (3) Evaluasi pembelajaran kitab Ta’lim Al-Mutallim dalam penguatan pendidikan karakter siswa di MI NU Tasywiqut Thullab Salafiyyah Kudus ini dilaksanakan dengan baik dan sebagai hasil dari pelaksanaan pembelajaran yang telah disampaikan. Evaluasi tersebut dilaksanakan dengan cara tertulis, membaca, memaknai kitab kuning, atau membaca tanpa makna kemudian menjelaskan apa kandungan dari bacaan. Selain itu penilaian dengan cara tertulis seperti mid semester dan akhir semester sesuai materi yang telah ditentukan, menghafal bait dari kitab, juga menghafal uraian penjelasan dari materi sebuah kitab, dan evaluasi hafalan bait-bait yang terdapat dalam kitab sebagai nilai harian sebagai tambahan dalam nilai kenaikan kelas.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Sa’dullah Assa’adi, M.Ag Pembimbing II : Dr. H. Nur Khoiri, M.Ag |
Uncontrolled Keywords: | Ta'lim Al-Muta’allim, Pendidikan Karakter |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 03:44 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 03:44 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1747 |