NIKMAN NAJA, 162610000366 (2020) MANAJEMEN SARANA PRASARANA DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PADA MA NU BANAT KUDUS TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
1. 162610000366_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. 162610000366_BAB I.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
3. 162610000366_BAB II.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4. 162610000366_BAB III.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
5. 162610000366_BAB IV.pdf - Published Version
Download (732kB) | Preview
6. 162610000366_BAB V.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
7. 162610000366_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
Abstract
Pentingnya manajemen sarana prasaran dalam meningkatkan efektifitas pembelaajran pada MA NU Banat Kudus Tahun Pelajaran 2010/2020. Manajemen ini dilakukan agar mampu mendukung proses pembelajaran yang ada di MA NU Banat Kudus.
Tujuan penelitian ini ialah 1) Mendeskripsikan pelaksanaan manajemen sarana prasarana dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di MA NU Banat Kudus 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan manajemen sarana prasarana dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di MA NU Banat Kudus 3) Mendeskripsikan hasil peningkatan efektivitas pembelajaran melalui manajemen sarana dan prasarana pada MA NU Banat Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yakni penelitian yang diadakan secara langsung dengan objek penelitian dan dilakukan suatu pengumpulan data yang berada di lapangan. Dengan penelitian kualitatif deskriptif ini, peneliti berusaha mengungkap pelaksanaan manajemen sarana prasarana dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di MA NU Banat Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020
Hasil penelitian ini adalah Manajemen sarana prasarana dilakukan dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Sedangkan proses manajemen sarana prasarana dilakukan dari perencanaan, pengadaan, pendistribusian, penggunaan, pemeliharaan, inventarisasi, dan penghapusan sarana prasarana. Faktor Pendukung : adanya kinerja yang baik dari tenaga pendidikan dan kependidikan, proses pembelajaran yang berkualitas, dan sarana dan prasarana yang memadai.Faktor Penghambat : Pola perilaku siswa yang kurang baik, dan danya guru yang gagap teknologi. Penggunaan sarana dan prasaran dengan maksimal dapat membantu keefektifan dalam pembelajaran dan prestasi belajar siswa akan meningkat.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Barowi, M.Ag Pembimbing II : Dr. H. Moh. Nasuka, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas Pembelajaran, Manajemen Sarana Prasarana |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.6 Gedung Sekolah |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 03:33 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 03:33 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1744 |