ROFIQ SETIAWAN, 172610000457 (2020) MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NU MA’ARIF KUDUS TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
1. 172610000457_COVER.pdf - Published Version
Download (760kB) | Preview
2. 172610000457_BAB I.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
3. 172610000457_BAB II.pdf - Published Version
Download (498kB) | Preview
4. 172610000457_BAB III.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
5. 172610000457_BAB IV.pdf - Published Version
Download (635kB) | Preview
6. 172610000457_BAB V.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
7. 172610000457_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
8. 172610000457_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa keberhasilan sebuah lembaga pendidikan dalam mencapai misi dan misi salah satunya ditentukan oleh peranan dan kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat baik internal maupun eksternal. Sebuah institusi sekolah akan mampu bersaing bila manajemen hubungan masyarakat (HUMAS) dikelola dengan baik serta didukung partisipasi masyarakat yang tinggi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program hubungan masyarakat dalam meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan pada Sekolah Menengah Kejuruan NU Ma’arif Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020? (2) Bagaimana hasil peningkatan partisipasi masyarakat terhadap penyelenggaraan Sekolah Menengah Kejuruan NU Ma’arif Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di SMK NU Ma’arif Kudus mulai Februari – April 2020. Sumber data digali dari kepala sekolah, waka humas, dan tokoh masyarakat sebagai data primer sedangkan data sekunder bersumber dari buku, catatan dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi sumber. Teknik Analisis data menggunakan model interaktif milik Miles & Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan program hubungan masyarakat di SMK NU Ma’arif Kudus diadakan rapat dinas di awal tahun ajaran dan melibatkan semua elemen yaitu kepala sekolah, wakil kepala, guru, staf dan komite. Pelaksanaan program hubungan masyarakat diwujudkan dengan mengadakan hubungan dengan internal sekolah yaitu kepala, para wakil kepala, guru, staf, dan siswa serta mengadakan hubungan dengan eksternal sekolah yaitu orang tua siswa (masyarakat), komite, instansi, dunia usaha dan dunia industri, media pers dan pihak pihak lainnya yang mendukung program sekolah. Sedangkan evaluasi dan monitoring yaitu oleh URS ISO penjamin mutu internasioanal dan dari internal WMM (Wakil Manajemen Mutu) yang meliputi keseluruhan bidang yang disebut audit internal dilaksanakan 2 tahun sekali. (2) Dari hasil wawancara dan pengamatan yang penulis laksanakan ditemukan peningkatan yang cukup berarti dari semua unsur meliputi partisipasi buah pikiran, tenaga, harta benda, keterampilan dan partisipasi sosial. karena terbukti sekolah tersebut mampu bertahan bahkan semakin berkembang cukup pesat.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag Pembimbing II : Dr. H. Muh Nasuka, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Humas, Partisipasi Masyarakat |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.19 Sosiologi Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 03:18 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 03:18 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1734 |