EDY HUSNI, 182610000597 (2021) IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH MATHOLI’UL HUDA BUGEL KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
1. 182610000597_COVER-1.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
2. 182610000597_BAB I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
3. 182610000597_BAB II.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
4. 182610000597_BAB III.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
5. 182610000597_BAB IV.pdf - Published Version
Download (12MB) | Preview
6. 182610000597_BAB V.pdf - Published Version
Download (592kB) | Preview
7. 182610000597_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
8. 182610000597_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan implementasi Total Quality Manajement (TQM) dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi Total Quality Management (TQM) dalam meningkatkan mutu pendidikan, 2) Apa faktor pendukung dan penghambat peningkatkan mutu pendidikan?, 3) Sejauh mana hasil peningkatkan mutu pendidikan melalui implementasi Total Quality Management (TQM) pada Madrasah Tsanawiyah Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021?. Manfaat penelitian ini: 1) Memperluas kajian implementasi Total Quality Management dalam peningkatkan mutu pendidkan pada Madrasah Tsanawiyah, 2) Dapat dijadikan bahan evaluasi dan pertimbangan bagi kepala sekolah/madrasah dalam peningkatan mutu pendidikan. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif, yeng bertempat di Madrasah Tsanawiyah Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara yang dilakukan mulai Januari sampai dengan Februari 2021. Subyek dari penelitian ini adalah Kepala Madrasah pada Madrasah Tsanawiyah Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara, sedangkan informan adalah peserta didik, orang tua, lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi sumber. Analisis data dengan model interaktif yang dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Total Quality Management dalam meningkatkan mutu dilakukan melalui: perencanaan, pelaksanaan, pengembangan dan evaluasi. Unsur Total Quality Management yang dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara ada 4 yaitu Fokus pada pelanggan, Obsesi terhadap Kualitas, Kerjasama tim, dan Perbaikan Sistem secara Berkesinambungan. 2) Faktor penghambat Total Quality Manajement Total Quality Manajement yang ada di Madrasah Tsanawiyah Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara adalah tidak semua guru atau karyawan langsung menerima perubahan tersebut, selain itu adanya keterbatasan waktu dan biaya. Sedangkan faktor pendukungnya adalah kepala madrasah sebagai manajer bekerjasama dengan komite dan yayasan serta komponen madrasah yang lain dalam membina para guru dan mengusahakan pengadaan dana serta membuat jadwal berupa rencana strategi. 3) Hasil peningkatan mutu pendidikan melalui implementasi TQM di Madrasah Tsanawiyah Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara dapat dilihat dari tingkat kepuasan pelanggan. Hal ini bisa dilihat dari jumlah pendaftaran siswa baru dari tahun ke tahun selalu meningkat dan kegiatan akademik maupun non akademik selalu berprestasi.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag Pembimbing II : Dr. H. Subaidi, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Mutu Pendidikan,Total Quality Management |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 03:09 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 03:09 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1727 |