BUDI PRAYITNO, 182610000618 (2021) MANAJEMEN PESERTA DIDIK BERBASIS RELIGI DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DI MADRASAH TSANAWIYAH MADARIJUL HUDA KEMBANG DUKUHSETI PATI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
1. 182610000618_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. 182610000618_BAB I.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
3. 182610000618_BAB II.pdf - Published Version
Download (577kB) | Preview
4. 182610000618_BAB III.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
5. 182610000618_BAB IV.pdf - Published Version
Download (888kB) | Preview
6. 182610000618_BAB V.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
7. 182610000618_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
8. 182610000618_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: 1) Perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi peserta didik berbasis religi dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs. Madarijul Huda Kembang Dukuhseti Pati, 2) Faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kedisiplinan di MTs. Madarijul Huda Kembang Dukuhseti Pati, dan 3) Hasil peningkatan kedisiplinan peserta didik melalui manajemen peserta didik berbasis religi di MTs. Madarijul Huda Kembang Dukuhseti Pati Tahun Pelajaran 2020/2021.
Pendekatan penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dengan teknik pendekatan deskritif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi Manajemen Peserta Didik Berbasis Religi dalam Meningkatkan Kedisiplinan di Madrasah Tsanawiyah Madarijul Huda Kembang Dukuhseti Pati Tahun Pelajaran 2020/2021. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari Kepala Madrasah, Waka Kesiswaan, Guru, dan peserta didik MTs. Madarijul Huda Kembang Dukuhseti Pati. Sedangkan sumber data sekunder berasal dari buku, jurnal ilmiah, dokumen atau berbagai tulisan ilmiah yang mendukung dan berkaitan dengan judul tesis ini. Teknik pengumpulan data meliputi: 1) wawancara, 2) observasi, dan 3) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti meliputi: 1) Reduksi Data; 2) Penyajian Data; dan 3) Verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi peserta didik berbasis religi dalam meningkatkan kedisiplinan di MTs. Madarijul Huda Kembang Dukuhseti Pati Tahun Pelajaran 2020/2021 sudah berjalan dengan baik. 2) Faktor pendukung dalam meningkatkan kedisiplinan di MTs. Madarijul Huda Kembang Dukuhseti Pati Tahun Pelajaran 2020/2021 meliputi: profesionalitas kepala madrasah dan waka kesiswaan yang tinggi, guru memiliki kepribadian yang baik, adanya kerjasama antara guru dan siswa, dan sarana-prasarana yang mendukung. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya perhatian orang tua, keadaan lingkungan teman sepergaulan siswa, dan kurangnya kesadaran siswa untuk melakukan kegiatan yang berkaitan dengan keagamaan. 3) Hasil peningkatan kedisiplinan peserta didik melalui manajemen kesiswaan berbasis religi di MTs. Madarijul Huda Kembang Dukuhseti Pati Tahun Pelajaran 2020/2021 meliputi: a) Peserta didik masuk sekolah tepat waktu, b) Peserta didik menggunakan kelengkapan seragam sekolah sesuai peraturan, c) Peserta didik menjaga kerapian dan kebersihan pakaian, d) Apabila berhalangan hadir, peserta didik menyertakan surat ijin atau pemberitahuan ke madrasah, e) Peserta didik rajin dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, f) Peserta didik tepat waktu dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru, dan g) Peserta didik melaksanakan tugas piket kelas sesuai jadwal yang ditentukan.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Moh Nasuka, M.Pd. Pembimbing II : Dr. H. Subaidi, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Peserta Didik, Religi, Kedisiplinan |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.5 Disiplin Sekolah |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 02:59 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 02:59 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1725 |