DURRI MISBAHUS SURUR, 182610000631 (2021) MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AL-HUSNA MAYONG JEPARA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
1. 182610000631 - HALAMAN COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. 182610000631 - BAB I.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
3. 182610000631 - BAB II.pdf - Published Version
Download (506kB) | Preview
4. 182610000631 - BAB III.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
5. 182610000631 - BAB IV.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
6. 182610000631 - BAB V.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
7. 182610000631 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
8. 182610000631 - LAMIPIRAN - LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (494kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang manajemen pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Husna Mayong Jepara tahun pembelajaran 2020/2021. Rumusan masalah dalam tesis ini adalah a) Bagaimana manajemen pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar n Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Husna Mayong Jepara tahun pembelajaran 2020/2021? b) Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam manajemen pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Husna Mayong Jepara tahun pembelajaran 2020/2021 c) Bagaimana hasil manajemen pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Husna Mayong Jepara tahun pembelajaran 2020/2021?
Penelitian ini menggunakan berjenis kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data yag terkumpul akan dianalisi dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan terakhir penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : a) Manajemen pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Husna Mayong Jepara meliputi perencanaan pembelajaran Al-Qur’an yaitu menyiapkan secara sistematis yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu, pengorganisasian pembelajaran Al-Qur’an, pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an yaitu pengorganisasian materi ajar oleh guru di dalam kelas dengan memulai dari materi yang mudah terlebih dahulu menuju pembahasan yang kompleks dengan sub-sub bab, pelaksanaan yaitu upaya yang dilakukan pendidik untuk merealisasikan rancangan yang telah disusun di dalam rencana pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran Al-Qur’an yaitu menilai dan mengukur sampai dimana keberhasilan yang dicapai dalam pembelajaran Al-Qur’an, maka diperlukan evaluasi. b) Faktor pendukung dan penghambat yaitu : (1) Faktor pendukung: variasi metode pembelajaran dari guru yang berbeda latar belakang, waktu belajar yang lebih panjang, dukungan orang tua, Faktor pendukung dalam pembelajaran Al-Qur’an di pondok pesantren Al-Husna ini adalah sudah 98% guru sudah hafidz, Faktor pengaturan jadwal kegiatan harian yang sesuai Dengan ditetapkannya waktu-waktu untuk belajar Al-Qur’an, maka diharapkan keefektifan menghafal AlQur’an dapat berjalan dengan baik (2) Faktor penghambat: kelelahan santri ketika sambangan, santri yang dapat menghafal tidak dapat membedaan ayat-ayat yang mirip sehingga sering kali tertukar dengan ayat yang lain, orang tua yang terlalu memanjakan anak. c) Hasil Manajemen Pembelajaran Al-Qur'an : ketuntasan belajar al-qur’an, ketercapaian keefektifan aktivitas peserta didik, ketercapaian efektivitas kemampuan guru mengelola pembelajaran serta, respon peserta didik terhadap pembelajaran yang positif.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Shodiq Abdullah, M. Ag Pembimbing II : Dr. Muhammad Khoiruddin, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pembelajaran,Pembelajaran Al-Qur’an |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam > 2X7.341 Pondok Pesantren 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 02:36 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 02:36 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1718 |