SRI WINARNI, 182610000609 (2021) SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH MATHOLI’UL HUDA BUGEL KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2020 /2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
1. 182610000609_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. 182610000609_BAB I.pdf - Published Version
Download (486kB) | Preview
3. 182610000609_BAB II.pdf - Published Version
Download (576kB) | Preview
4. 182610000609_BAB III.pdf - Published Version
Download (600kB) | Preview
5. 182610000609_BAB IV.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. 182610000609_BAB V.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
7. 182610000609_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
8. 182610000609_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Peningkatan kinerja guru menjadi salah satu tuntutan dari suatu lembaga pendidikan. Rendahnya kinerja guru menyebabkan kualitas kinerja pembelajaran menjadi kurang optimal. Oleh karena itu, diperlukan adanya supervisi akademik kepala madrasah untuk meningkatkan kinerja guru di madrasah.
Tesis ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses supervisi akademik kepala madrasah; (2) menganalisis faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah; (3)mendeskripsikan upaya mengatasi berbagai hambatan-hambatan dari pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah; dan (4) menganalisis hasil yang dicapai dari supervisi kepala madrasah terhadap peningkatan kinerja guru di MA Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di MA Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara. Subjek penelitian adalah kepala madrasah, wakil kepala bidang kurikulum, pengawas, komite sekolah, dan siswa. Data penelitian diperoleh dari primer dan sekunder.Sumber data dari informan, dokumen atau arsip, sumber pustaka, dan hasil penelitian yang relevan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara mendalam tentang manajemen kesiswaan dalam meningkatkan bakat dan minat siswa. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi dan perpancangan keikutsertaan. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode induksi dan metode deduksi dengan model interaktif Milles dan Huberman yang dimulai dari reduksi data, penyajian data, penarikan simpulan/verifikasi.
Penelitian ini diharapkan membawa hasil: (1) proses supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi, pelaporan dan tindak lanjutnya; (2) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah mulai dari internal dan eksternal. Faktor penghambat meliputi: umum dan khusus, internal dan eksternal serta teknis dan nonteknis; (3) upaya yang dilaksakan mengatasi hambatan-hambatan dalam meningkatkan kinerja guru melalui PKB (Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan).
Saran yang disampaikan kepada kementerian Agama, pengawas madrasah, kepala madrasah, guru, staf tata usaha, siswa, komite madrasah bersinergi dalam mendukung pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah secara berkesinambungan guna meningkatkan kinerja guru dalam kinerja pembelajaran di MA Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara TP. 2020/2021
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Subaidi, M.Pd. Pembimbing II : Dr. Muhammad Khoiruddin M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Supervisi Akademik Kepala Madrasah, kinerja Guru |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 14 Jan 2022 03:19 |
Last Modified: | 14 Jan 2022 03:19 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1711 |