SUKADI, 172610000438 (2021) PENGARUH BIMBINGAN WALI KELAS DAN BUDAYA AKADEMIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 TLOGOWUNGU KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
172610000438_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
172610000438_BAB I.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
172610000438_BAB II.pdf - Published Version
Download (501kB) | Preview
172610000438_BAB III.pdf - Published Version
Download (614kB) | Preview
172610000438_BAB IV.pdf - Published Version
Download (969kB) | Preview
172610000438_BAB V.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
172610000438_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
172610000438_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Seorang guru sangat berperan penting terhadap keberhasilan siswa dalam pembelajaran,. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh bimbingan wali kelas dan budaya Akademik terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidian Agama Islam di SMP N 2 Tlogowungu kabupaten pati tahun pelajaran 2019/2020.
Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah wali kelas 15 orang dan siswa diambil sampel 30 anak dengan teknik proportional stratified random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, dan observasi.Teknik analisa data menggunakan regresi ganda.
Hasil analisis uji hipotesis ditemukan bahwa regresi tunggal X1 terhadap Y menggunakan rumus statistik Fhitung = 9.16615 sedang menggunakan SPSS = 9.166 bimbingan Wali kelas mempengaruhi prestasi pendidikan Agama islam di SMPN 2 Tlogowungu Pati Tahun 2019/2020 sebesar 40.05% dipengaruhi variabel lain sebesar 59.05%, kemudian hasil analisis dikonsultasikan dengan nilai Ftabel dengan taraf signifikan rhitung rtabel 5% → Ft = 4.17, dan 1 % → Ft = 7.56. Kesimpulannya adalah Fh > Ft, (Fhitung lebih besar dari pada nilai Ftabel) berarti tolak Ho dan terima Ha.
Hasil analisis uji hipotesis ditemukan bahwa regresi tunggal X2 terhadap Y menggunakan rumus statistik Fhitung = 10.13565 sedang menggunakan SPSS Fhitung = 10.135 budaya Akademik mempengaruhi prestasi belajar mata pelajaran Pendidian Agama Islam di SMP N 2 Tlogowungu kabupaten pati tahun pelajaran 2019/2020 sebesar 57.1% dan dipengaruhi variabel lain sebesar 42.9%, kemudian hasil analisis dikonsultasikan dengan nilai Ftabel dengan taraf signifikan 5% → Ft = 4.17, dan 1 % → Ft = 7.56. Kesimpulannya adalah Fhitung > Ftabel, (Fhitung lebih besar dari pada nilai Ftabel) berarti tolak Ho dan terima Ha.
Hasil analisis uji hipotesis ditemukan bahwa regresi ganda X1 dan X2 terhadap Y menggunakan rumus statistik Fhitung = 6.14612 sedang menggunakan SPSS Fhitung = 6.146, X1 (bimbingan Wali kelas) dan X2 (budaya madrsah) mempengaruhi Y (prestasi mata pelajaran pendidikan Agama Islam Di SMPN 2 Tlogowungu tahun pelajaran 2019/2020) sebesar 55,4% dan dipengaruhi variabel lain sebesar 44.6%. apabila hasil analisis dikonsultasikan antara r hitung dengan r tabel, maka r hitung lebih besar daripada r table rumus statistik sebesar 6.10951 menggunakan SPSS 17.0 sebesar 6.095, sedang r tabel pada taraf signifikansi 5% yang nilainya 3.32 dan 1% yang nilainya 5.39 didapatkan hasil yang signifikan berarti tolak Ho dan terima Ha.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag Pembimbing II : Dr. H. Mashudi, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh Bimbingan Wali Kelas, Budaya Akademik, Prestasi Belajar PAI |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 14 Jan 2022 03:17 |
Last Modified: | 14 Jan 2022 03:17 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1708 |