NOOR ARINTO, 182610000635 (2021) MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER DALAM MENINGKATKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK DI SMP-IT AL HAROMAIN MAYONG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
01. 182610000635_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
02. 182610000635_BAB I.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
03. 182610000635_BAB II.pdf - Published Version
Download (641kB) | Preview
04. 182610000635_BAB III.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
05. 182610000635_BAB IV.pdf - Updated Version
Download (408kB) | Preview
06. 182610000635_BAB V.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
07. 182610000635_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
08. 182610000635_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Fokus penelitian ini adalah adanya menejemen kegiatan ekstrakurikuler dalam meningkatkan karakter tanggung jawab peserta didik di SMP-IT Al Haromain Mayong Jepara tahun pelajaran 2020/2021. Pertanyaan Penelitian ini adalah (1) bagaimana manajemen kegiatan ekstrakurikuler dalam
meningkatkan karakter tanggung jawab peserta didik di SMP-IT Al Haromain Mayong Jepara ?; (2) apa aja faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakurikuler dalam meningkatkan karakter tanggung jawab peserta didik di SMP-IT Al Haromain Mayong Jepara?; (3) bagaimana hasil peningkatan karakter tanggung jawab peserta didik di SMP-IT Al Haromain Mayong Jepara melalui manajemen ekstrakurikuler ?
Metode dalam tesis ini adalah kualitatif dengan jenis survey lapangan yang berlokasi di SMP-IT Al Haromain Mayong Jepara. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) manajemen kegiatan ekstrakurikuler di
SMP-IT Al Haromain Mayong Jepara meliputi: pertama, Perencanan kegiatan
ekstrakurikuler dilaksanakan setiap awal tahun ajaran baru. Hal yang direncanakan adalah guru, siswa, sarana dan jadwal kegiatan; kedua, Pelaksanan kegiatan ekstrakurikuler dikelompokan menjadi dua yaitu, ekstrakurikuler wajib dan ekstrakurikuler pilihan. Kegiatan ekstrakurikuler berjalan disetiap harinya sesuai dengan jadwal yang telah disusun; ketiga, Evaluasi kegiatan ekastrakurikuler dilakukan setiap tiga bulan sekali. Hal yang dievaluasi meliputi target yang telah ditetapkan, seperti target juara yang ingin diraih sekolah; (2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler yaitu sarana dan prasarana, dana, siswa, serta guru pembina yang kompeten dibidangnya. Faktor yang menghambatnya yaitu kehadiran siswa, kekurangan dana, dan ada juga faktor cuaca; (3) Hasil kualitas karakter tanggungjawab setelah diadakannya manajemen kegiatan ekstrakurikuler tergolong baik dan semakin meningkat. Dilihat dari proses pendidikannya yang berjalan dengan lancar, dan berkat adanya manajemen kegiatan ekstrakurkuler yang baik, melaksanakan tugas tepat waktu, disiplin dan serius SMP-IT Al Haromain Mayong Jepara dapat meraih prestasi non akademik.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Subaidi, M.Pd. Pembimbing II : Dr. H. Munasir, M.M |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Ekstrakulikuler, Pendidikan Karakter. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.8 Siswa, Murid, Pelajar (kegiatan ekstrakulikuler) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 14 Jan 2022 03:16 |
Last Modified: | 14 Jan 2022 03:16 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1705 |