SITI NUUR ROCHMAH, 192610000711 (2021) MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TAHFIDZ AL-QUR’AN DI SEKOLAH DASAR ISLAM PANGERAN DIPONEGORO KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
192610000711_COVER.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
192610000711_BAB I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
192610000711_BAB II.pdf - Published Version
Download (13MB) | Preview
192610000711_BAB III.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
192610000711_BAB IV.pdf - Published Version
Download (11MB) | Preview
192610000711_BAB V.pdf - Published Version
Download (572kB) | Preview
192610000711_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
192610000711_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tahfidz Al-Qur’an di SD Islam Pangeran Diponegoro Kota Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021. Manajemen pembelajaran merupakan usaha untuk mengelola pembelajaran yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran guna mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien.
Sekolah Dasar Islam Pangeran Diponegro Kota Semarang adalah lembaga pendidikan formal yang memiliki program Tahfidz Al Qur’an. Dalam pelaksanaan pembelajaranya sekolah ini memasukan kurikulum muatan lokal yaitu Metode Qiroati dan program takhassus yang bertujuan untuk memperlancar dalam menghafal Al-Qur’an sehingga diharapkan siswa dapat memenuhi target hafalan saat lulus dari SD Islam Pangeran Diponegoro Kota Semarang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian lapangan, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu derajat kepercayaan (credibility), ketergantungan (dependability), dan kepastian (confirmability).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran dilakukan dengan menyiapkan serta menyusun perangkat dan instrumen pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan menerapkan beberapa prinsip manajemen, dan evaluasi pembelajaran ada tiga penilaian yaitu, penilaian dengan guru pembimbing, penilaian dengan koordinator takhassus dan penilaian akademik. Hasil belajar Tahfidz Al-Qur’an menunjukkan adanya peningkatan yaitu pada data syahadah tahun pelajaran 2019/2020 diperoleh hasil rata-rata 2,1 Juz tiap siswa dan pada data syahadah tahun pelajaran 2020/2021 diperoleh hasil rata-rata 2,3 Juz tiap siswa.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Moh. Nasuka, M.Pd. Pembimbing II : Dr. H. Subaidi, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pembelajaran, Hasil Belajar, Tahfidz Al-Qur’an |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an) 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 14 Jan 2022 03:07 |
Last Modified: | 14 Jan 2022 03:07 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1700 |