NOVAL SAFITRA, 141310003265 (2021) PENERAPAN KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN METODE YANBU’A PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NU PUTRI NAWA KARTIKA KUDUS TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
141310003265_COVER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
141310003265_BAB I.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
141310003265_BAB II.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
141310003265_BAB III.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
141310003265_BAB IV.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
141310003265_BAB V.pdf - Published Version
Download (946kB) | Preview
141310003265_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
141310003265_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk identifikasi penerapan keterampilan membaca al-Qur’an dengan metode Yanbu’a pada peserta didik kelas VIII SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021, (2) Untuk memetakan faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan keterampilan membaca al-Qur’an dengan metode Yanbu’a pada peserta didik kelas VIII SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021.
Sejumlah 38 siswi SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus sebagai responden, dengan mengambil sampel dari 19 siswi, pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk mengumpulkan data penelitian tentang kejadian interaksi antara pewawancara dan sumber informasi melalui komunikasi langsung sedangkan observasi untuk memperoleh data melalui pengamatan yang sistematis terhadap fenomena yang terjadi pada saat ini, serta dokumentasi berupa teks tertulis, gambar maupun foto.
Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa: Penerapan keterampilan membaca al-Qur’an dengan metode Yanbu’a pada peserta didik kelas VIII SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus adalah dengan mengoptimalkan berbagai proses atau model penerapan keterampilan Refleksi (Reflection), Experiental learning, Repetition, kontinuitas. Dengan mengoptimalkan proses keterampilan tersebut sangat berpengaruh dan dapat digunakan dalam menerapkan keterampilan serta meningkatkan kebiasaan-kebiasaan membaca al-Qur’an peserta didik kelas VIII.
Hasil analisis faktor pendukung penerapan keterampilan membaca al-Qur’an dengan metode Yanbu’a pada peserta didik kelas VIII SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus adalah (a) Pengajar di SMP NU Putri Kudus merupakan pengajar yang berkompeten dalam mengajarkan al-Qur’an juga telah mendapat sertifikat pelatihan mengajar Yanbu’a. (b) Siswi kelas VIII aktif mengaji baik disekolah maupun di rumah sehingga saat ini mereka terbiasa membaca al-Qur’an dengan keterampilan masing-masing. (c) Dukungan dan perhatian orang tua dalam memberikan motivasi. Sedangkan faktor penghambat penerapan keterampilan membaca al-Qur’an dengan metode Yanbu’a pada peserta didik kelas VIII SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus adalah : (a) Keterbatasan waktu belajar al-Qur’an dikelas menjadikan proses pembelajaran tidak berjalan dengan lancar. (b) Sikap siswi yang gaduh dan tidak fokus cenderung tidak memperhatikan dengan seksama. (c) Kurangnya pengalaman pelatihan (workshop) terhadap pengajar untuk mengembangkan kompetensi kependidikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Abdul Rozaq, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Keterampilan, Membaca al-Qur’an dan Metode Yanbu’a |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an) 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 14 Jan 2022 03:06 |
Last Modified: | 14 Jan 2022 03:06 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1699 |