Search for collections on Publications

STUDI KOMPARASI TENTANG TUJUAN PENDIDIKAN MENURUT KH.HASYIM ASYARI DALAM KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALIM DAN SYAIKH IMAM AL-ZARNUJI DALAM KITABUL MUTA'ALLIM

ISNANDA SETIAWAN SAPUTRA, 141310003058 (2021) STUDI KOMPARASI TENTANG TUJUAN PENDIDIKAN MENURUT KH.HASYIM ASYARI DALAM KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALIM DAN SYAIKH IMAM AL-ZARNUJI DALAM KITABUL MUTA'ALLIM. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 141310003058_COVER.pdf]
Preview
Text
141310003058_COVER.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 141310003058_BAB I.pdf]
Preview
Text
141310003058_BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 141310003058_BAB  II.pdf]
Preview
Text
141310003058_BAB II.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of 141310003058_BAB III.pdf]
Preview
Text
141310003058_BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 141310003058_BAB IV.pdf]
Preview
Text
141310003058_BAB IV.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of 141310003058_BAB V.pdf]
Preview
Text
141310003058_BAB V.pdf - Published Version

Download (661kB) | Preview
[thumbnail of 141310003058_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
141310003058_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (550kB) | Preview
[thumbnail of 141310003058_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
141310003058_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (679kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui tujuan pendidikan menurut KH. Hasyim Asyari dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim. 2) Mengetahui tujuan pendidikan menurut Syaikh Al-Zarnuji dalam kitab Ta’limul Muta’allim. 3) Mengetahui perbandingan tentang tujuan pendidikan menurut KH. Hasyim Asyari dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim dan Syaikh Al-Zarnuji dalam kitab Ta’limul Muta’allim.
Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian kepustakaan (library research), karena teknik pengumpulan datanya didasarkan pada teks-teks pusaka. Penelitian kepustakaan (library research) adalah sebuah penelitian yang diarahkan dan difokuskan untuk membahas dan menelaah bahan-bahan pustaka, baik berupa buku, Artikel serta karya ilmiah lain yang memiliki relevansi dengan pembahasan penelitian. Sedangkan dilihat dari jenis datanya, penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah suatu penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas social, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individu maupun kelompok.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diambil kesimpulan yaitu 1) Tujuan dari pendidikan menurut KH. Hasyim Asy’ari dalam Kitab Adab Al-‘Alim Wa Al-Muta’allim termasuk dalam kategori Ideologi Konservatif. Hal ini di buktikan dengan pernyataan beliau bahwa Tujuan dari pendidikan hanya untuk mencari dan mendapatkan Ridha Allah semata dan itu berarti sifat outputnya hanya kepada Religius semata, tidak ada campur lainnya yang bersifat duniawi. 2) Tujuan pendidikan menurut Syaikh Al-Zarnuji yang di paparkan dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim termasuk dalam kategori Ideologi Liberal. Hal ini di buktikan dengan pernyataan beliau bahwa tujuan pendidikan adalah untuk mengembangkan potensi diri seseorang yang menjadi pelaku pendidikan agar memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan oleh dirinya. Arinya tujuan pendidikan menurut Syaikh Al-Zarnuji ini tidak hanya untuk mencari dan mendapatkan ridha Allah semata, namun juga untuk mencerdaskan akal dan mengembangkan potensi dalam diri seseorang guna tercukupinya kebutuhan duniawi maupun kelak di akhirat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Fathur Rohman, M.Pd.I
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 14 Jan 2022 03:03
Last Modified: 14 Jan 2022 03:03
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1696

Actions (login required)

View Item
View Item