ISNIATUL LAILA, 192610000670 (2021) PERAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENGUATAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK DI SMP WALISONGO PECANGAAN JEPARA TAHUN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
192610000670_COVER.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
192610000670_BAB I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
192610000670_BAB II.pdf - Published Version
Download (10MB) | Preview
192610000670_BAB III.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
192610000670_BAB IV.pdf - Published Version
Download (15MB) | Preview
192610000670_BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
192610000670_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Updated Version
Download (1MB) | Preview
192610000670_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganilisis dan membahas peran bimbingan dan konseling dalam penguatan karakter disiplin peserta didik di SMP Walisongo Pecangaan Jepara tahun pelajaran 2020/2021. 2) menganalisis dan membahas faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penguatan karakter disiplin peserta didik melalui peran bimbingan dan konseling di SMP Walisongo Pecangaan Jepara tahun pelajaran 2020/2021. 3) menganalisis dan membahas hasil penguatan karakter disiplin peserta didik melalui peran bimbingan dan konseling di SMP Walisongo Pecangaan Jepara tahun pelajaran 2020/2021.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Adapun informasi dalam penelitian ini bersumber dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi partisipasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan bimbingan dan konseling dalam penguatan karakter disiplin peserta didik di SMP Walisongo Pecangaan Jepara yaitu BK memiliki peranan sebagai kepercayaan peserta didik, pembimbing, pengembangan potensi diri peserta didik, pencegah (preventif) masalah, dan memiliki peran dalam membangun karakter mulia peserta didik. Adapun faktor pendukung dalam penguatan karakter disiplin peserta didik melalui peranan BK yaitu adanya kerjasama dengan seluruh pihak sekolah, adanya dukungan dari kepala sekolah, peserta didik bersifat kooperatif, dan adanya fasilitas yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kekurangan tenaga BK dan orang tua/wali murid sibuk bekerja sehingga kurang memperhatikan karakter anak. Adapun hasil dari penguatan karakter disiplin peserta didik melalui peranan BK di SMP Walisongo adalah peserta didik banyak yang meraih prestasi akademik/ non akademik, nasional/ internasional dan tingkat kenakalan serta tindakan undisipliner berkurang.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Subaidi, M.Pd Pembimbing II : Dr. H. Munasir, M.M. |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Karakter Disiplin, Peran Bimbingan dan Konseling |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.5 Disiplin Sekolah |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 14 Jan 2022 03:02 |
Last Modified: | 14 Jan 2022 03:02 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1695 |